PLTMG Badas Solusi Mengatasi Masalah Kelistrikan di Sumbawa

oleh -0 views
Sekda Sumbawa, Drs. H. Rasyidi
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (01/06/2017)

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Rasyidi mengatakan bahwa pemerintah daerah sangat berterima kasih dan mengapresiasi upaya peningkatan ketersediaan pasokan listrik di Kabupaten Sumbawa dengan dimulainya pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) di Kecamatan Badas. Pembangunan PLTMG ini ditandai dengan peletakan batu pertama atau groundbreaking oleh Direktur Bisnis PLN Regional Sulawesi dan Nusa Tenggara (SNT), Machnizon Masri didampingi Kepala Divisi Konstruksi Regional SNT, Hakim Nawawi, General Manager PLN UIP Nusra, Djarot Hutabri dan General Manager PLN Wilayah NTB, Mukhtar, Kamis (1/6).

Sekda Bersama petinggi PLN dan Anggota Forkopimda Kabupaten Sumbawa di lokasi Groundbreaking PLTMG Sumbawa di Badas, 1 Juni 2017

Keberadaan PLTMG tersebut ungkap Sekda, sebagai solusi mengatasi persoalan listrik di daerah ini. Sebab PLTMG ini akan menambah dua kali lipat pasokan listrik di Kabupaten Sumbawa. Menurut data Tahun 2016 terkait kondisi kelistrikan di Kabupaten Sumbawa, ungkap Sekda, daya listrik yang dimiliki PLN Sumbawa mencapai 38 Megawatt (MW), sedangkan kebutuhan masyarakat sebesar 35 Megawatt. Artinya terdapat surplus daya 3 MW. Namun demikian kelebihan daya tersebut tidak menjamin tidak adanya pemadaman listrik. Hal ini sangat terasa ketika Bulan Ramadhan. Dimana pemadaman listrik sering terjadi disebabkan peningkatan kebutuhan pasokan listrik di masyarakat. Hal tersebut tidak lepas dari kondisi mesin diesel PLN yang masih sangat rawan terhadap gangguan, baik bersifat teknis maupun non teknis.

Sebagai salah satu daerah lumbung pangan dan juga pemasok kebutuhan daging nasional, serta wilayah yang sangat luas, Kabupaten Sumbawa sangat membutuhkan dukungan sumber daya energy yang memadai dan suistainable, baik bagi kebutuhan masyarakatnya maupun bagi pengembangan kawasan dalam mendorong industrialisasi produk unggulan di daerah. Apalagi dengan keberadaan potensi daerah yang besar tentu membutuhkan pasokan energy yang cukup besar pula bagi pengembangannya. Sehingga dengan pembangunan PLTMG 50 MW di Kecamatan Badas yang saat ini mulai dikerjakan, menjadi jawaban atas persoalan itu.

Baca Juga  Tahun Ini, NTB Belum Kebagian Jadwal Dakwah Dr Zakir Naik

Karenanya Ia menghimbau segenap komponen masyarakat Tana Samawa untuk mendukung proses pembangunan PLTMG, dengan tetap memelihara kondusifitas agar pembangunan pembangkit listrik berkapasitas 50 Megawatt ini berjalan lancar dan dapat segera dinikmati manfaatnya. (JEN/SR)

 

 

 

iklan bapenda