UTS dan Disnakertrans Jalin MoU Ciptakan Naker Profesional

oleh -1 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (31/05/2017)

Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) terus menjalin kerjasama dengan sejumlah pihak. Kali ini dengan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sumbawa. Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan MoU yang dilakukan Kepala Disnakertrans Ir Syafruddin Nur dan Rektor UTS, Dr. Andy Tirta M.Sc, Rabu (31/5). Kerjasama tersebut meliputi penggunaan peralatan Workshop Loka Latihan Kerja (LLK) sebagai media praktikum dan latihan kerja praktik mahasiswa UTS. Selain itu kedua belah pihak juga bersepakat melakukan kerjasama dalam penempatan staf dosen UTS sebagai instruktur pembantu siswa LLK Disnakertrans Kabupaten Sumbawa. Kesepakatan ini juga akan ditindaklanjuti dengan perjanjian lebih teknis dan operasional oleh badan atau lembaga di bawah kewenangan kedua belah pihak.

amdal

Kadis Nakertrans Sumbawa, Ir Syafruddin dalam kesempatan itu mengungkapkan seringnya kunjungan Kepala LLK ke UTS untuk berdiskusi dan membicarakan potensi serta permasalahan Sumbawa menjadi awal MoU tersebut. Salah satunya persoalan TKI Sumbawa. Banyak TKI yang mengalami persoalan komunikasi (bahasa) di samping upaya meningkatkan kualitas tenaga kerja Sumbawa. “Visi Disnakertrans adalah menyiapkan tenaga kerja profesional, untuk itulah kita melakukan kerjasama dengan UTS dari hulu sampai hilirnya,” ujar Syafruddin yang ditemui usai penandatangan MoU.

Selain itu, Syafruddin juga mengharapkan kerjasama ini akan terus berkembang sehingga tujuan dari MoU yang terjalin dengan UTS untuk menyiapkan tenaga kerja Sumbawa profesional yang mampu bersaing secara nasional dan internasional dapat tercapai. “Kami dengan UTS juga bersepakat mengadakan kerjasama secara kelembagaan dengan maksud memenuhi kebutuhan dan memperoleh manfaat yang saling menguntungkan maupun tercapainya bertujuan untuk memanfaatkan sumberdaya yang dimiliki kedua belah pihak dalam rangka akselarasi pencapaian visi dan misi Kabupaten Sumbawa,” imbuhnya.

Baca Juga  Terus Meningkat, Jalan Mantap di Kabupaten Sumbawa Capai 66,43%

Sementara Rektor UTS, Dr. Andy Tirta, M.Sc menginginkan MoU tersebut menjadi moment penting sebagai wujud konstribusi UTS terhadap masyarakat Sumbawa. Hal ini mengingat universitas merupakan gudang ide yang perlu direalisasi agar terasa dampaknya pada masyarakat. “Saya berharap dengan MoU ini, UTS dapat memberi kontribusi dalam memecahkan permasalahan mengenai sumberdaya tenaga kerja yang ada di Sumbawa. Kerjasama tidak hanya terbatas pada apa dan siapa tetapi juga secara umum,” demikian Rektor jebolan Korea ini. (JEN/SR)

 

 

iklan bapenda