Masyarakat Mengeluh Listrik Padam Saat Sahur dan Berbuka Puasa

oleh -0 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (31/05/2017)

Pemadaman listrik pada bulan puasa di Kabupaten Sumbawa terutama di wilayah perkotaan masih terjadi. Biasanya pemadaman itu terjadi saat sahur dan berbuka puasa. Kondisi itu membuat masyarakat selaku pelanggan meradang. Mereka kesal dengan kinerja PLN Area Sumbawa yang dituding tidak professional. Apalagi pemadaman itu dinilai sangat mengganggu. Bahkan kecaman dan keluhan terhadap kinerja PLN menjadi viral di media sosial.

amdal

Terhadap hal itu, Manager PLN Area Sumbawa, Ahmad Syauki yang dihubungi SAMAWAREA tadi malam, menyampaikan permohonan maaf atas belum optimalnya pelayanan. Pemadaman yang terjadi ini diakui Syauki—akrab Ia disapa, bukan unsur kesengajaan. Seperti pemadaman menjelang sahur, ada layangan yang nyangkut di jaringan depan SDN 13 Sumbawa sehingga menyebabkan kawat putus. Saat itu juga petugasnya turun menangani sehingga pemadaman tidak berlangsung lama. Demikian Rabu (31/5) tadi saat berbuka puasa juga terjadi gangguan mesin namun tidak terlalu serius. Itupun juga langsung ditangani dan segera dioperasikan. “Cuma malangnya kita gangguannya pas berbuka puasa. Mudah-mudahan tidak terjadi lagi,” ujarnya.

Untuk meminimalisir terjadinya pemadaman atau gangguan temporer ini, pihaknya akan memaksimalkan pemeliharaan pembangkit dan jaringan di siang hari pada saat beban rendah khususnya dilakukan pemotongan pohon di sekitar jaringan. Untuk itu ia berharap kerelaan masyarakat untuk dipangkas pohon yang tumbuh di sekitar jaringan sehingga gangguan yang disebabkan oleh terkena atau kerobohan pohon bisa diminimalisir.

Baca Juga  Hj Niken Paparkan Peran PKK Wujudkan NTB Gemilang

Disinggung mengenai kapasitas mesin yang ada, Syauki mengaku lebih dari cukup setelah beroperasinya PLTD Boak. Kapasitas Daya mampu mencapai 55 MW (Mega Watt), sedangkan beban puncak hanya 40 MW. Artinya terdapat surplus 10 MW. “Kalaupun padam sifatnya gangguan temporer bukan karena defisit. Kalau defisit pemadaman pasti lama mulai jam 6 sore sampai jam 10 malam,” pungkasnya. (JEN/SR)

 

 

iklan bapenda