PT BHJ Belum Penuhi Tuntutan Karyawan PHK

oleh -1 views
Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Pengawasan (HWAS) Disnakertrans KSB, Zainuddin
bankntb

SUMBAWA BARAT, SR (29/05/2017)

Tuntutan hak tenaga kerja PT Bumi Harapan Jaya (BHJ) yang di-PHK meminta gajinya dibayar sesuai kontrak nampaknya masih belum bergeming. Pihak perusahaan masih bersikukuh dengan keputusannya bahwa karyawan yang kontraknya di atas tiga bulan akan dibayar 3 kali gaji. Terhadap hal ini Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) KSB akan memperjuangkannya. “Mari kita berjuang bersama-sama,” kata Zainuddin selaku Kabid HIWWAS Disnakertrans KSB, Senin (29/5).

Pihaknya ungkap Zainuddin, telah menyurati perusahaan. Surat itu berisi 5 poin intinya mengemukakan jika perusahan berinisiatif melakukan PHK karyawannya tentu harus mengacu pada UU Ketenagakerjaan. Bahwa semua hak karyawan dibayar mulai dari masa kontrak, tunjangan dan lainnya. “Sampai sekarang surat kami belum dibalas. Koordinasi terakhir, manajemen perusahaan mengaku tuntutan itu masih dibahas,” ujarnya.

Selain itu pihaknya juga meminta apabila belum ada keputusan yang inkrach, perusahaan wajib membayar seperti biasanya. Ini sudah dilakukan perusahaan, semua karyawan sudah dibayar satu bulan baik yang akan maupun yang tidak di-PHK. Bahkan karyawan yang dirumahkan juga sudah dibayar sesuai aturan. “Kami akan terus berupaya memperjuangkan pemenuhan hak-hak karyawan BHJ,” tandasnya.

Untuk diketahui dari 160 karyawan sebagiannya sudah ada menerima hasil keputusan perusahaan. Sisanya sekitar 70 orang masih bertahan dan tetap memperjuangkan hak-haknya. “Kami pemerintah tidak membela siapa-siapa, tapi kami berdiri di atas aturan yang berlaku,” pungkasnya. (HEN/SR)

 

Baca Juga  Sumbawa, Kota Bima dan KLU Masuk Zonasi Merah

 

 

iklan bapenda