Blangko E-KTP Minim, Pelayanan Kurang Maksimal

oleh -2 views
Ibrahim S.Sos Plt Kepala Dinas Dukcapil KSB
bankntb

SUMBAWA BARAT, SR (26/05/2017)

Selama beberapa bulan pelayanan E-KTP di Dinas Kependudukan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Sumbawa Barat, terganggu. Hal ini terjadi karena tidak adanya distribusi blanko dari pemerintah pusat. Untuk menyiasatinya, pemda memberikan surat keterangan sebagai pengganti KTP sementara. Kini kondisi itu sedikit teratasi setelah belum lama ini Dukcapil KSB menerima distribusi blanko E-KTP 2.000 buah. Kendati demikian jumlah tersebut dirasakan sangat minim dan belum mampu memenuhi kebutuhan masyarakat KSB yang mencapai 18 ribu jiwa.

amdal

Ditemui SAMAWAREA, Plt Kepala Dukcapil KSB, Ibrahim S.Sos mengakui hal itu. Distribusi 2000 blanko E-KTP ke Sumbawa Barat juga dilakukan pusat ke semua kabupaten/kota, kendati diakui jumlah ini sangat minim. Untuk tetap melayani masyarakat, pihaknya akan memprioritaskan masyarakat yang belum pernah memiliki E-KTP. Sedangkan untuk pelayanan lain misalnya KTP hilang, merubah KTP, atau sejenisnya akan menggunakan surat keterangan pengganti KTP sementara.

Untuk saat ini ungkap Ibrahim, data yang masuk dan sudah selesai perekaman untuk pembuatan E-KTP pemula sudah hampir 2000 orang. Apabila pembuat E-KTP pemula melebihi 2000 maka sisanya akan menggunakan Surat Keterangan Pengganti KTP sementara, sampai ada pendistribusian lanjutan oleh pemerintah pusat. Kemungkinan pendistribusian EKTP tahap dua pada tahun ini juga dan diharapkan bisa diberikan sesuai kebutuhan daerah masing-masing. “Kami harapkan semua kebutuhan E-KTP KSB bisa dipenuhi pemerintah pusat,” pinta Ibrahim. (HEN/SR)

 

Baca Juga  Haji Mo' : Saya Tidak Ingin Ada Kades Masuk Penjara !!

iklan bapenda