Tingkatkan Kualitas SDM ASN Sumbawa, KORPRI Gelar STQ

oleh -1 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (22/05/2017)

Setelah berhasil meraih sejumlah prestasi pada ajang Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Korpri Tingkat Provinsi di tahun 2016 lalu, Pemkab Sumbawa melalui Sekretariat Korpri kembali menggelar STQ Tahun 2017 Tingkat Kabupaten Sumbawa. Kegiatan yang dilaksanakan di aula Madilaoe ADT Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa, Senin (22/5) ini diharapkan sebagai upaya untuk mempertahankan prestasi.

amdal

Ketua Panitia Penyelenggara, H. Mas’ud S.Sos., M.Si berharap pelaksanaan STQ Korpri dapat meningkatkan kualitas moral dan kemanusiaan untuk diaplikasikan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai aparatur sipil negara di lingkup Pemkab Sumbawa, terutama yang menyangkut perencanaan dan pelaksanaan program yang berkaitan dengan pelayanan masyarakat. Tujuannya yaitu peningkatan kualitas sumber daya ASN yang bermoral serta menciptakan iklim yang humanis dalam melaksanakan tugas dan fungsinya dengan baik, benar, tepat waktu sehingga dapat memberikan daya ungkit bagi terwujudnya pemerintahan dan Kabupaten Sumbawa yang hebat dan bermartabat.

STQ Korpri digelar selama dua hari, 22—23 Mei 2017. Cabang golongan yang dilombakan yaitu Tartil Al Qur’an (Golongan Putra dan Putri), diikuti CPNS/PNS/Anggota Korpri perwakilan putra dan putri serta seluruh unit-unit kerja/instansi, TNI dan Polri. Sementara Dewan Hakim merupakan personal yang berkompeten di bidang Musabaqah, baik MTQ reguler/umum maupun MTQ Korpri yang dilaksanakan dua tahun sekali dan STQ Korpri yang dilaksanakan setiap tahun. “Bagi peserta Tartil yang meraih juara I, akan menjadi perwakilan Korpri Kabupaten Sumbawa pada STQ Korpri tingkat Provinsi di Mataram,” ungkap Haji Mas’ud.

Baca Juga  Tidak Terapkan UNBK, SMAN 1 Plampang Disorot

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Kabupaten Sumbawa Dr. H. M. Ikhsan M.Pd yang membacakan sambutan Bupati Sumbawa menyampaikan bahwa kemajuan suatu wilayah akan sangat bergantung pada kualitas sumber daya manusianya. Jika SDM-nya  berkualitas rendah, akan menjadi beban bagi wilayah yang bersangkutan. Sebaliknya, jika SDM-nya berkualitas, wilayah itu akan tumbuh menjadi wilayah yang maju. Untuk menjadi manusia yang berkualitas, sebagai seorang muslim harus mengamalkan apa yang diperintahkan dan menjauhi larangan Allah SWT. Tentu hal pertama yang dilakukan adalah dengan memulai dari diri sendiri dan akan memberi energi positif pada lingkungan sekitar. “Dalam kegiatan STQ Korpri ini saya berkeyakinan, apabila bacaan Al Qur’an benar-benar kita resapi, kita hayati serta kita amalkan dalam kehidupan sehari hari, akan tercipta kehidupan yang sejuk, suasana kerja yang nyaman, dan pelayanan terhadap masyarakat yang prima, yang pada akhirnya akan bermuara pada terciptanya masyarakat madani (civil society) yang Baldathun Toyibatun Warobbun Gafur,” ungkap Doktor Iksan.

Ia menganggap Penyelenggaraan STQ Korpri yang telah menjadi program tahunan Korpri ini menjadi bagian penting dalam program pemerintah guna meningkatkan sumber daya manusia yang beriman dan bertaqwa. Khususnya menjadikan birokrasi yang bersih, berwibawa dan bermartabat sesuai dengan tuntunan Al Quran. Apalagi saat ini Korpri sedang merintis menuju masa depan yang lebih baik sekaligus membersihkan diri dari sikap-sikap negative. “Mengingat sebentar lagi kita akan memasuki Bulan Suci Ramadhan, saya mengajak untuk semakin meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT, di antaranya memakmurkan masjid dengan melakukan shalat berjamaah dan memperbanyak membaca Al Qur’an, serta Gerakan 10 Menit untuk membersihkan lingkungan di sekitar tempat beraktivitas setiap hari, dan memberikan pengertian kepada anak-anak kita untuk ikut menjaga ketenangan dalam beribadah dengan tidak membunyikan petasan,”  ujarnya. (JEN/SR)

 

Baca Juga  Warga Lamunga Desak Pemekaran Desa Batu Putih

iklan bapenda