‘Biso Tian Pade’ Cara Poktan Gunung Setia Lestarikan Tradisi

oleh -18 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (22/05/2017)

Melestarikan kearifan local, itulah yang dilakukan Kelompok Tani Gunung Setia I dan II Kecamatan Sumbawa, Kabupaten Sumbawa, dengan cara melaksanakan “biso tian pade” Senin (22/5). Kegiatan yang dilaksanakan di wilayah Orong Kelapis, Kelurahan Brang Biji ini juga bertujuan mempererat tali silaturahim antar kelompok tani. Hadir dalam kegiatan yang diawali dengan dzikir bersama ini di antaranya Dr. H. Zulkieflimansyah M.Sc—Anggota DPR RI, Camat Sumbawa Varian Bintoro S.Sos, pejabat Dinas Pertanian, Dinas PUPR dan Anggota DPRD serta utusan TNI dari Kodim 1607 Sumbawa.

Ketua Panitia Kegiatan, Mahmud mengakui bahwa banyak generasi muda yang tidak paham apa itu biso tian pade. Padahal acara tersebut merupakan tradisi secara turun temurun guna memohon kepada Allah SWT untuk keselamatan, agar hasil panen bagus dan melimpah. ‘’Ini momen syukur kami kepada Allah, menyambung tali silaturahim dan membangun semangat kebersamaan,” ujar Mahmud.

Kegiatan ini diinisiasi oleh kelompok tani Gunung Setia I dan Gunung Setia II. Sebelumnya, dua kelompok ini melaksanakan kegiatan secara sendiri-sendiri. Karena itu, tahun ini dicoba dilaksanakan secara bersama-sama. Sebelumnya juga kegiatan ini sempat terhenti selama beberapa tahun. Kini kembali diangkat dan dibangkitkan dengan komitmen untuk dijadikan event tahunan.

Camat Sumbawa, Varian Bintoro menyambut positif kegiatan yang memiliki tujuan mulia tersebut. Karena itu melalui Biso Tian Pade ini Ia mengajak semua pihak untuk bersyukur kepada Allah SWT. “Kami perkirakan padi yang ditanam ini akan dipanen saat bulan puasa. Panen ini merupakan rejeki bagi para petani yang patut disyukuri,” ucapnya.

Baca Juga  Saldo Simpedes Hanya 1 Juta, Warga Brang Biji Dapat Mobil Suzuki Ertiga

Sementara Ketua Komisi I DPRD Sumbawa, Syamsul Fikri AR S.Ag M.Si mengatakan, panen tidak bisa berhasil tanpa air yang memadai. Karena itu gotong-royong antar petani harus terbangun. Petani juga harus bisa berinovasi untuk mendapatkan hasil yang terbaik. “Kami berkomitmen untuk membantu para petani, khususnya Kelompok Tani Gunung Setia, demi peningkatan hasil pertanian mereka,” pungkasnya. (JEN/SR)

 

iklan bapenda