Penetapan Dua Ranperda Ditunda

oleh -1 views
Sekretaris Komisi II DPRD KSB, Abidin Nasar SP MP
bankntb

SUMBAWA BARAT, SR (19/05/2017)

Dua dari 12 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang dibahas Pansus II ditunda penetapannya. Adalah Ranperda tentang Pokok-pokok Pengelolaan Keuangan Daerah, dan Ranperda tentang Perlindungan Lahan Pertanian Berkelanjutan. Penundaan itu diputuskan dalam sidang paripurna yang digelar di DPRD Sumbawa Barat, Rabu (18/5) kemarin.

amdal

Ketua Pansus II, Abidin Nasar SP MP dalam laporannya mengungkapkan penundaan penetapan dua Ranperda itu. Pansus memberikan catatan kritis bahwa Ranperda pokok-pokok pengelolaan keuangan daerah merupakan amanat UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. berdasarkan ketentuan pasal 280 dan pasal 283 menyebutkan, pemerintah daerah dalam menyelenggarakan urusan penerintahan yang menjadi kewenangan daerah mempunyai kewajiban dalam pengelolaan keuangan daerah yang dilaksanakan secara tertib dan taat kepada peraturan perundang-undangan efesien, ekonomis, efektif, transparan dan bertanggung jawab dengan memperhatikan rasa keadilan, kepatuhan dan manfaat untuk masyarakat.

Pasnsus II juga mengkritisi tentang Ranperda Perlindungan Lahan Pertanian Berkelanjutan. Ranperda ini merupakan amanat UU No. 41 Tahun 2009 tentang Perlindungan Lahan Pangan Berkelanjutan. Hal prinsip yang harus dimuat dalam Ranperda ini adalah dokumen kajian tentang penetapan zonasi atas lahan pertanian pangan berkelanjutan yang tentunya mengacu pada Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJMD) Kabupaten Sumbawa Barat dan tidak boleh bertentangan dengan rencana tata ruang wilayah KSB. Hingga saat ini kajian tersebut baru direncanakan dalam APBD tahun 2017 tertuang dalam RKA Bappeda dan Litbang KSB. Memperhatikan saran dan masukan dari Biro Hukum Setda Provinsi NTB yang menekankan tentang beberapa poin penting yang belum termuat dalam Ranperda Perlindungan Lahan Pertanian Berkelanjutan. Atas dasar kondisi tersebut Pansus merekomendasikan untuk menunda penetapan kedua Ranperda tersebut. (HEN/SR)

 

Baca Juga  Haji Mo Belum Kantongi SK DPP Demokrat ?

 

 

iklan bapenda