Sumbawa Raih Adi Praja Satwa Sewaka Indolive Stock Award 2017

oleh -3 views
bankntb

Keberhasilan Pembangunan di Bidang Peternakan

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN PEMDA KABUPATEN SUMBAWA 

SURABAYA, SR (17/05/2017)

Kabupaten Sumbawa kembali meraih predikat Adi Praja Satwa Sewaka Indolive Stock Award 2017 sebagai “Best Livestock Services of Local Government in Middle Part of Indonesia”. Penghargaan tersebut diterima langsung Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah di Surabaya, Rabu (17/5).

Menteri Pertanian RI menyampaikan rasa bahagia bahwa penyelenggaraan Indolive Stock 2017 melibatkan asosiasi dan para pakar di bidang industry peternakan, sebagaimana dalam sambutannya yang dibacakan oleh Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, drh. I Ketut Diarmita SP di ruang Pre-Function Convention Hall, Grand City Convex, Surabaya Jawa Timur. “Salah satu wujud kebersamaan tersebut adalah pemberian penghargaan, penganugerahan award kepada para pelaku yang berperan besar dan dapat memotivasi dalam pengembangan peternakan di Indonesia. Tidak dapat dipungkiri bahwa keberhasilan industry peternakan tergantung dari besar kecilnya peran yang diberikan oleh para pelaku di bidang peternakan,” kata Ketut mengakhiri sambutan Mentan.

Sebelumnya di tempat yang sama, Ketua Tim Juri  Drh. Desianto B. Utomo, P.Hd melaporkan bahwa penghargaan ini diberikan kepada 6 kabupaten di wilayah barat, tengah dan timur Indonesia. Dari 490 dinas kabupaten/kota yang dinilai di seluruh Indonesia tersaring 86 bakal calon, dan akhirnya mengerucut pada 6 calon penerima penghargaan yaitu Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Lamongan Provinsi Jawa Timur untuk Indonesia Bagian Barat,  Kabupaten Sumbawa Provinsi NTB dan Kabupaten Sumba Timur Provinsi NTT dari Indonesia Tengah. Selain itu Kabupaten Bone dan Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Selatan mewakili Indonesia Bagian Timur. “Adapun aspek yang dinilai antara lain penertiban regulasi bidang peternakan, anggaran daerah yang dialokasikan untuk pengembangan peternakan, arah kebijakan kabupaten/kota dalam memajukan peternakan, fasilitas public yang disediakan untuk sector peternakan serta komitmen eksekutif dan yudikatif untuk memajukan peternakan,” beber Desianto.

Baca Juga  Kapolda Suka ‘Janda Berenang’, Istri Doyan Pelcing dan Ayam Taliwang  

Disebutkan Desianto, Kabupaten Sumbawa Provinsi NTB memperoleh penghargaan “Best Livestock Services of Local Government in Middle Part of Indonesia” dengan inovasi yang menonjol karena beberapa hal. Pertama, Pelayanan Kesehatan Hewan 24 jam dengan Klinik Call Center. Kedua, Pelayanan Holding Ground ternak sapi yang akan dikirim ke luar wilayah. Dan ketiga, Kartu Ternak sebagai identitas ternak satu-satunya di Indonesia.

Sementara Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah menyampaikan penghargaan dan apresiasi kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa yang selalu mendukung setiap program pemerintah khususnya di bidang peternakan. “Anugerah ini adalah wujud hasil kerja keras dan sinergi yang selalu terbangun antara pemerintah daerah dengan masyarakat dan sektor swasta khususnya sub sector peternakan Kabupaten Sumbawa,” ujar Haji Mo’ sapaan akrab Wakil Bupati Sumbawa.

Ia bersama Bupati Sumbawa mengapresiasi kinerja jajaran Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan. “Kami berharap agar anugerah ini menjadi motivasi untuk meningkatkan inovasi, sinergi, kinerja dan pengabdian kepada masyarakat peternakan Kabupaten Sumbawa,” demikian Haji Mo’. (JEN/SR)

iklan bapenda