Bupati KSB Donor Darah Peringati Internasional Nurse Day

oleh -0 views
Bupati KSB, Dr. Ir. H. W. Musyafirin MM saat mendonorkan darahnya. (doc. istimewa)
bankntb

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN RSUD ASY-SYIFA KABUPATEN SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, SR (13/05/2017)

amdal

Tingginya kebutuhan darah disertai krisisnya stok darah untuk pasien di RSUD Asy-Syifa’ Sumbawa Barat, menjadi perhatian dari para perawat yang tergabung dalam Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Karena itu PPNI khususnya PPNI Komisariat RSUD Asy-Syifa sebagai mitra tidak terpisahkan dengan RSUD tersebut melaksanakan kegiatan donor darah di lingkungan Graha Fitrah KTC, Jum’at (12/5) kemarin. Kegiatan yang dilaksanakan bertepatan dengan momentum Hari Perawat Internasional, Jumat, 12 Mei 2017 ini diikuti seluruh pegawai di lingkup Graha Fitrah usai mengikuti Upacara Hardiknas.

Layanan yang diberikan mulai dari pemberian edukasi atau penyuluhan tentang donor darah, screening awal, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan golongan darah dan hemoglobin sebelum akhirnya pendonor melakukan pengambilan darah. Bupati KSB Dr. Ir. H. W. Musyafirin MM mengawali aksi donor darah ini diikuti sejumlah perawat, pegawai Pemda, masyarakat dan insane pers. Semua antusias mengikuti kegiatan yang berlangsung sejak pukul 08.00 hingga 11.00 Wita. “Alhamdulillah antusias karyawan di lingkup Pemerintah Daerah dan masyararakat KSB cukup tinggi. Hasilnya kantong darah yang bisa kami kelola dapat melebihi target awal. Selanjutnya, darah yang didapatkan hari ini akan langsung dibawa ke rumah sakit karena ada pasien-pasien kita yang membutuhkannya,” kata Ketua PPNI Komisariat RSUD As-Syifa, Nasaruddin A.Md.Kep yang ditemui SAMAWAREA, Jumat (12/5) kemarin.

Baca Juga  DPRD NTB Desak Pemprov Beri Insentif Nakes Penanganan Covid

Hal senada dikatakan Ketua DPD PPNI Sumbawa Barat, H. Yusfi Khalid, A.Md.Kep.,SKM. Ia berharap kegiatan semacam ini bisa dilaksanakan secara kontinyu sehingga masyarakat akan lebih memahami pentingnya berdonor darah bukan hanya untuk menyelamatkan jiwa sesama manusia tapi juga untuk kesehatan tubuh pendonornya.

Ia menyampaikan bahwa selama ini perawat khususnya di Sumbawa Barat dengan peran dan fungsinya telah ikut serta sebagai role model berkonstribusi mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Ke depan ia berharap para perawat untuk terus berbenah meningkatkan pelayanan. Yusfi juga menjelaskan bahwa wadah organisasi profesi juga akan tetap berusaha menyalurkan dan memperjuangkan aspirasi para perawat khususnya di Sumbawa Barat.

Untuk diketahui, Kegiatan yang diselenggarakan PPNI Komisariat As-Syifa ini terus berlanjut sampai hingga 15 Mei 2017. Selain donor darah, ada kegiatan penandatangan Pakta Integritas, Gerakan Hand Hygiene, Nurse Achievement sebagai apresiasi kepada perawat yang memberikan konstribusi dan warna dalam upaya mendukung SDGs, serta Photo and Story Contest untuk perawat di lingkungan RSUD Asy-Syifa’. Kegiatan ini mengusung tema yang sama dengan agenda perawat sedunia, ‘’Nurses: A Voice to Lead, Achieving the Sustainable Development Goals (SDGs)”. (HEN/SR)

iklan bapenda