Ayo !! Ikuti Samawa Cendekia Competition

oleh -13 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (11/05/2017)

Baru dilaunching beberapa hari lalu, Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu Samawa Cendekia (SMPIT SC) sudah melakukan gebrakan. Salah satu program perdana dan inovasinya adalah menggelar Lomba MIPA dan English Speech tingkat SD se Kabupaten Sumbawa. Kegiatan yang dikemas dalam “Samawa Cendekia Competition” ini diselenggarakan pada 24 Mei mendatang. Yang tidak ikut dipastikan rugi besar. Sebab selain mendapat hadiah, piala piagam dan sertifikat, para pemenang akan diterima di SMPIT SC tanpa tes dan dibebaskan biaya pembangunan.

Sambirang Ahmadi S.Ag M.Si—Kepala SMPIT SC kepada SAMAWAREA, Kamis (11/5), mengatakan lomba tersebut sebagai sarana agar sekolah yang didirikan Yayasan Dea Mas dan berlokasi di Villa Matahari, Karang Padak, Desa Labuan Kecamatan Badas ini, dikenal masyarakat. Dan masyarakat perlu mengetahui bahwa SMPIT SC merupakan salah satu alternative pilihan untuk pendidikan berkualitas.

Dijelaskannya, SMPIT SC pada dasarnya kelanjutan dari SDIT Samawa Cendekia yang telah dirintis 4 tahun lalu. Sekolah ini dihajatkan untuk melahirkan peserta didik yang berkarakter dengan memadukan implementasi konsep pendidikan nasional dengan pendidikan Islam. Konsep pendidikan Islam dimaksud ungkap Sambirang—sapaan mantan Ketua Komisi IV DPRD Sumbawa ini, adalah konsep yang diracik berdasarkan Al Qur’an dan As Sunnah, dan merupakan akumulasi dari proses pembudayaan, pewarisan, dan pengembangan ajaran Agama Islam, budaya dan peradaban Islam dari generasi ke generasi. Ciri khas sekolah ini sebutnya, adalah keterpaduan. Dengan kata lain, tidak ada dikotomi, keterpisahan atau sekulerisasi antara pembelajaran Islam dan pendidikan umum. “Sekolah ini memadukan pendidikan aqliyah, ruhiyah, dan jasadiyah. Kemudian memadukan keterlibatan dan partisipasi aktif semua lingkungan belajar, sekolah, rumah, dan masyarakat,” beber tokoh muda yang dikenal cerdas ini.

Baca Juga  Membangun Peradaban dari Membaca dan Menulis

Selain itu lanjutnya, sekolah unggul bercita rasa pesantren ini juga menerapkan pendekatan penyelenggaraan pendidikan dengan memadukan pendidikan umum dan pendidikan Agama Islam menjadi satu jalinan kurikulum berbasis problem solving dan kreativitas. Tidak hanya pelibatan orang tua secara aktif dalam proses pembelajaran, sekolah ini melakukan kegiatan kunjungan atau interaksi ke luar sekolah sebagai upaya untuk mendekatkan peserta didik terhadap dunia nyata yang ada di tengah masyarakat.

Untuk ekstrakurikuler sebutnya, ada kegiatan wajib dan pilihan. SMPIT SC memiliki English Club sebagai kegiatan wajib. Sedangkan pilihannya cukup banyak yaitu Thafizh, Tilawatil, Arabic Club, Science Club, Matic Club, Seni Lukis, Multimedia, Seni Tari, Berkuda, dan Memanah. “Sekolah ini didirikan untuk mempercepat terwujudnya tujuan pendidikan nasional dan sebagai upaya nyata untuk mendukung pemerintah Kabupaten Sumbawa menjadikan Sumbawa sebagai kabupaten yang hebat dan bermartabat,” demikian Sambirang. (JEN/SR)

 

 

iklan bapenda