NTB Provinsi Emas Penghasil Jagung

oleh -16 views
bankntb

MATARAM, SR (05/05/2017)

Hasil produksi jagung yang melimpah, membuat Provinsi NTB dijuluki provinsi emas sebagai daerah yang sangat strategis untuk pengembangan jagung. Selain dikenal sebagai lumbung pangan nasional karena hasil produksi padi yang melimpah, kini NTB juga mulai dikenal sebagai daerah lumbung jagung, karena pertumbuhan produksi jagung di NTB terus meningkat tajam. Hal itu diungkapkan Sekretaris Daerah Provinsi NTB. Ir. H. Rosiadi Sayuti, M.Sc., P.hD, saat membuka temu bisnis perhimpunan usaha masyarakat pertanian Indonesia (Permapi), di Hotel Santika, belum lama ini.

Menurutnya, produksi jagung di NTB memang terus mengalami peningkatan. Hal itu seiring dengan luas areal tanam yang semakin luas. Pada mulanya areal tanam seluas 82 ribu hektar, kini luasnya sudah mencapai 210 ribu hektar. Di hadapan para buyer, Sekda menjelaskan, Provinsi NTB dari tahun 2008 telah fokus dalam pengembangan tiga komoditas unggulan, yakni sapi, jagung dan rumput laut (PIJAR). Melalui tiga komoditas tersebut, pemerintah berharap petani di NTB akan mendapatkan berkah dalam usaha yang menguntungkan.

Temu bisnis Permapi yang mengusung tema “Swasembada Pangan dan Panen Raya Jagung” tesebut, menghadirkan 100 buyer dan para saller. Tujuannya adalah untuk mempertemukan para petani jagung secara langsung sebagai saller dengan para pengusaha sebagai buyer, agar dapat terjadi interaksi yang saling menguntungkan antara kedua belah pihak.

Baca Juga  BNPB Yakin Wabah Covid di NTB Tertangani dengan Baik dan Cepat

Melalui forum ini, pemerintah melalui dinas terkait dapat berdiskusi dengan para buyer dan saller melalui Permapi, untuk dapat menciptakan perdagangan yang berkeadilan. Hal tersebut bertujuan untuk mempertahankan kosistensi para petani jagung dan komoditas lainnya di Provinsi NTB, agar sama-sama mendapatkan keuntungan mulai dari hulu sampai hilir sehingga akan mendatangkan kesejahteraan petani di masa-masa yang akan datang. (NA/SR)

 

iklan bapenda