HUT TAGANA di Rhee Sukses dan Meriah

oleh -16 views
Wabup Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah saat memeriksa pasukan TAGANA pada Apel Siaga HUT TAGANA di Kecamatan Rhee
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (30/04/2017)

Peringatan HUT Taruna Siaga Bencana (TAGANA) NTB ke-13 yang dipusatkan di Desa Rhee, Kecamatan Rhee, Kabupaten Sumbawa, 27—29 April, berlangsung sukses. Apel Siaga yang menjadi puncak kegiatan berjalan khidmat dan meriah. Bertindak sebagai inspektur upacara Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah. Kegiatan tersebut dihadiri Ketua dan para pimpinan DPRD Sumbawa, Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB dan rombongan, Kadis Sosial Sumbawa dan Kadis Sosial kabupaten/kota di NTB, Kepala SKPD, Camat Rhee dan kepala desa se-Kecamatan Rhee, serta anggota TAGANA dari 10 kabupaten/kota.

amdal
Dedi Susanto, Koordinator TAGANA Sumbawa

Dalam laporannya Ketua Panitia, Dedi Susanto S.Pd.I, mengatakan kegiatan HUT TAGANA NTB ke-13 ini dihadiri sekitar 300 anggota TAGANA dari 10 kabupaten/kota di NTB. Selain menghadiri apel siaga, pihaknya telah melaksanakan bhakti social meliputi bedah rumah salah seorang nelayan miskin di Desa Rhee. Kemudian TAGANA Goes to School di SMAN 1 Rhee guna memberikan wawasan kepada para pelajar tentang penanggulangan bencana dan pencegahan tindak kekerasan. Selanjutnya melaksanakan penanaman pohon sebagai upaya pelestarian lingkungan yang merupakan bagian dari mitigasi bencana. Serta bekerjasama dengan PMI Sumbawa menggelar kegiatan donor darah untuk mengatasi kekurangan stok darah. “Alhamdulillah semua rangkaian kegiatan bhakti social ini berjalan lancar dan mendapat dukungan penuh dari masyarakat, pemerintah Kecamatan dan Desa Rhee,” kata Dedi yang juga koordinator TAGANA Sumbawa ini.

Baca Juga  Plampang Krisis Tenaga Penyuluh Pertanian

Guna memeriahkan kegiatan HUT ini, lanjut Dedi, pihaknya juga menggelar berbagai lomba. Di antaranya Lomba Shelter yakni bongkar pasang tenda dengan menilai kecepatan, kerapian dan kekompakan. Lomba Yel-yel dan Lomba Mars TAGANA, untuk membangkitkan semangat dan jiwa korsa para relawan kemanusiaan tersebut. Selanjutnya pengukuhan FK TAGANA Provinsi dan penutupnya tadi malam, TAGANA menggelar hiburan rakyat.

Dedi menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung suksesnya kegiatan tersebut, terutama pemerintah daerah, pemerintah kecamatan, desa dan masyarakat Rhee. Secara khusus kepada empat pimpinan DPRD Sumbawa, Lalu Budi Suryata SP, Dr. Drs. Arachman Alamudy SH M.Si, H. Ilham Mustami S.Ag, dan Kamaluddin ST M.Si, serta anggota DPRD Dapil 4, Berlian Rayes S.Ag M.Si yang merasa bangga menjadi ‘bagian’ dari TAGANA karena bersedia menjadi anggota kehormatan. “Kami berharap kegiatan yang telah dilaksanakan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan daerah. Semoga dukungan terus diberikan kepada kami untuk terus berkiprah sebagai relawan kemanusiaan dan garda terdepan dalam menanggulangi bencana,” ucap Dedi.

Kadis Sosial Provinsi NTB mengukuhkan FK TAGANA Provinsi NTB

Sementara itu, Kadis Sosial Provinsi NTB, Akhsanul Khalik mengaku sangat puas dengan kegiatan HUT TAGANA di Kabupaten Sumbawa. Ia mengapresiasi kinerja panitia yang menggelar kegiatan ini secara meriah dan melibatkan semua tingkatan pemerintah dari kabupaten, kecamatan hingga desa. Hal ini menggambarkan bahwa kinerja dan kegiatan TAGANA di Kabupaten Sumbawa selama ini mendapat dukungan dari semua pihak. “Teruslah menjadi yang terdepan dalam menangani bencana,” pesannya. (JEN/SR)

iklan bapenda