Menteri ESDM: Smelter Dibangun di KSB Lebih Efisien

oleh -7 views
Proses pembangunan Smelter di Benete KSB, dimulai
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (28/04/2017)

Harapan pemerintah dan masyarakat Kabupaten Sumbawa untuk pembangunan smelter di wilayahnya, pupus. Pasalnya keinginan tersebut sulit direalisasikan. Selain smelter telah mulai dibangun di Benete Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), permintaan itu tidak direstui Menteri ESDM RI, Ignasius Jonan saat memberikan kuliah umum di Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), Jumat (28/4).

Di hadapan Wakil Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, Anggota DPR RI Dr. H. Zulkieflimansyah SE M.Sc dan Dr. H. Qurtubi serta Rektor UTS Dr. Andy Tirta, Jonan—sapaan singkat mantan Menhub ini mengatakan, bahwa jika dia sebagai pengelola PT Amman akan juga melakukan hal yang sama membangun smelter di Site Benete, KSB. Sebab terbilang lebih efisien dan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya tambahan transportasi. Selain itu di lokasi tersebut memiliki industry yang menerima hasil olahan smelter. “Apabila di Sumbawa dinilai lebih efisien dan ada industri yang menerima hasil olahan smelter, sudah pasti smelter dibangun di sini (Sumbawa, Red). Saya akan mendukungnya,” kata Jonan. 

Namun demikian jika pembangunan smelter ini terkait kesempatan kerja para tenaga local, Jonan memberikan jalan keluar. Ia meminta pihak perusahaan untuk memprioritaskan perekrutan tenaga kerja secara merata di seluruh kabupaten/kota di NTB. “Kan sama, tidak harus smelter di sini, asalkan tenaga kerjanya dari sini (Sumbawa) dan direkrut secara merata,” pungkasnya. (JEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Terus Perluas Jaringan 4G LTE, XL Axiata Jangkau 376 Kota/Kabupaten