UNSA Olah Sampah di Labuhan Bajo, Tanam Pohon di Pelat

oleh -1 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (26/04/2017)

Fakultas Pertanian Universitas Samawa (UNSA) Sumbawa menggelar peringatan Hari Bumi di dua lokasi di Kabupaten Sumbawa belum lama ini. Peringatan tersebut dilakukan di desa Labuhan Bajo Kecamatan Utan dan Desa Pelat Kecamatan Unter Iwes.

Dekan Fakultas Pertanian UNSA, Syahdi Mastar SP M.Si, menyampaikan bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan dalam memperingati Hari Bumi. Tahun lalu dipusatkan di Desa Penyaring Kecamatan Moyo Utara dalam bentuk penanaman pohon mangrove. Sementara pada tahun ini dilaksanakan dalam bentuk pembersihan pantai dan lomba kreatifitas pengolahan sampah antar pelajar di Desa Labuhan Bajo Kecamatan Utan. Selain itu penamanan sejuta pohon di beberapa titik mata air di Desa Pelat Kecamatan Unter Iwes.

Lebih lanjut Dekan yang telah menjabat selama dua periode ini memberikan apresiasi kepada sekolah-sekolah yang ikut serta pada lomba kreatifitas pengolahan sampah. “Kegiatan ini bertujuan bagaimana kita dapat mencintai lingkungan serta memacu kreativitas siswa dalam hal pengolahan sampah. Sehingga dengan adanya kegiatan ini kita dapat peduli terhadap lingkungan khususnya di wilayah pesisir,” ujarnya.

Sementara Kepala Desa Labuhan Bajo, Telana AM mengatakan persoalan mendasar yang dialami desa di pesisir adalah sampah. Sampah yang ada di Desa Labuhan Bajo tidak saja berasal dari wilayahnya akan tetapi dari sungai yang muaranya di Desa Bajo. Karenanya atas nama masyarakat dan pemerintah desa, sangat mengapresiasi apa yang dilakukan UNSA karena telah melakukan pemetaan terhadap masalah-masalah di desa. “Kami berharap UNSA lebih intens melakukan pembinaan dan pendampingan di desa ini karena sebelumnya kami telah menandatangani kerjasama dengan LPPM Universitas Samawa pada tahun lalu,” kata kades ramah ini.

Baca Juga  Izin SMK Bina Samudra Samawa Dicabut

Di tempat berbeda Kaprodi Agro Teknologi Fakultas Pertanian UNSA, Wening Kusumawardani SP MP, menyampaikan bahwa pelaksanaan peringatan Hari Bumi di Desa Pelat Kecamatan Unter Iwes dalam bentuk penanaman sejuta pohon dilakukan sebagai bentuk pengadian civitas akademika UNSA kepada masyarakat. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan semakin memupuk rasa kecintaan terhadap lingkungan. Selanjutnya desa ini akan menjadi desa binaan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UNSA yang telah membina 27 desa di Kabupaten Sumbawa. Salah satu program pembinaan yang dilakukan adalah membentuk kelompok pengelola mata air dengan jumlah 12 sumber mata air di Desa Pelat. Ke depan UNSA akan memberikan pendampingan pengolahan hasil pertanian, pembuatan pupuk dari limbah dan sampah. (SR)

iklan bapenda