Pertama di NTB, Rumah Zakat Luncurkan Program Desa Berdaya

oleh -0 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (20/04/2017)

Sebagai bentuk komitmen untuk terus menjadi “energi kebahagiaan”, Rumah Zakat menggulirkan Program Desa Berdaya. Repi S yang dipercaya sebagai Relawan Inspirasi yang akan mendampingi program ini menjelaskan, tema besarnya adalah “Dari Desa Membangun Negeri”. Tema ini diambil sebagai bagian dari kepedulian terhadap pembangunan perdesaan sekaligus menumbuhkan semangat pemberdayaan masyarakat yang tinggal dan menetap di desa.

Repi–sapaan karibnya melanjutkan, Program Desa Berdaya ini telah berjalan 4 tahun terakhir di beberapa daerah di Pulau Jawa dan Sumatera. Tapi khusus untuk NTB, program ini baru diluncurkan April tahun ini. Jadi ini merupakan yang pertama.

Pemilihan Desa Jorok Kecamatan Unter Iwes Kabupaten Sumbawa semata-mata karena untuk memudahkan dalam proses pendampingan masyarakat. Program Desa Berdaya merupakan program pemberdayaan masyarakat yang akan bergerak dalam empat rumpun program yaitu Senyum Mandiri (bidang ekonomi), Senyum Juara (bidang pendidikan), Senyum Sehat (bidang kesehatan) dan Senyum Lestari (bidang lingkungan). “Karena ini yang pertama, tentu menjadi titik tolak untuk pengembangan program ini di masa-masa mendatang,” imbuhnya.

Sebagai tahap awal, yang pertama dilakukan adalah sosialisasi program yang digelar Rabu (19/4) kemarin bertempat di Aula Kantor Desa Jorok, Unter Iwes. Hadir dalam sosialisasi ini kepala desa beserta jajarannya, Polmas, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda. “Insya Allah kalau tidak ada halangan, Program Desa Berdaya ini akan dilaunching pada awal Mei mendatang,” ucapnya.

Baca Juga  Jalan Rusak, Hardtop Terguling di Tangkampulit

Kades Jorok, Abdullah A.R menyampaikan apresiasi dan mendukung penuh Program Desa Berdaya Rumah Zakat, apalagi menjadikan Desa Jorok sebagai lokasi program. Ia berharap program ini membawa manfaat untuk kemajuan masyarakat. (JEN/SR)

iklan bapenda