Bupati KSB Ingatkan Kades Pahami Aturan Desa

oleh -0 views
bankntb

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN PEMDA KABUPATEN SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, SR (20/04/2017)

amdal

Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin, M.M meminta kepala desa agar bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya sesuai aturan yang berlaku. Ia tidak ingin Kades melampaui batas kewenangannya sendiri. “Dalami kembali aturan tentang desa sehingga bisa mengetahui batasan kewenangannya,” kata Bupati saat menjadi Inspektur pada Upacara Syukur ke-4 tahun 2017 di Lapangan Graha Fitrah, Kamis (20/4).

Penekanan ini disampaikan karena Bupati mengaku mendapat informasi dari Sekretariat Negara, bahwa  ada beberapa kepala desa di Kabupaten Sumbawa Barat menyurati Presiden Joko Widodo untuk meminta bantuan anggaran pelaksanaan kegiatan di desa. “Jadi kami minta Kades harus memahami tupoksi dengan mempelajari dan memahami undang-undang desa, peraturan daerah tentang OPD dan rincian tupoksi dalam Perbup,” ujarnya.

Ia menyayangkan tindakan kades seperti. Padahal menurut Bupati, banyak program di daerah untuk menyerap aspirasi semua masyarakat termasuk keluhan kades tersebut. Kades dapat memanfaatkan berbagai forum di daerah untuk menyampaikan apapun permasalahannya. Seperti memanfaatkan Forum Yasinan setiap malam Jum’at. Dalam forum yasinan ini semua kepala OPD dihadirkan di antaranya DPM-PD yang siap menjelaskan apapun permasalahan di desa. Kecuali ada urusan yang mendesak dan menyangkut hajat hidup masyarakat. Namun  demikian harus tetap melalui dan menghormati perangkat daerah terlebih dahulu sehingga garis koordinasinya jelas. “Jika koordinasi ini berjalan dengan baik maka setiap permasalahan bisa diatasi,” demikian Bupati. (HEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Kembangkan Sepeda Listrik Matric-B, Gubernur dan PLN Tandatangan MoU