Sampah Berserakan di Jalan Negara Plampang

oleh -0 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (19/04/2017)

Sampah di Kecamatan Plampang terus menjadi persoalan. Akibat dibuang sembarangan,  sampah berserakan dan mengeluarkan aroma tak sedap. Ironisnya, sampah itu berserakan di sepanjang jalan negara. Kondisi ini membuat pemilik lahan yang berada di pinggir jalan marah. Sebab sampah tersebut dijejal di pagar mereka. Karenanya para pemilik lahan berencana menggelar aksi memblokade jalan setempat. “Kami sudah capek pasang papan larangan buang sampah, tapi tak dihiraukan, sampah itu tetap dibuang sembarangan,” sesal Jemat, salah seorang pemilik lahan kebun.

amdal

Yang membuatnya kecewa adalah sikap pemerintah yang tidak memiliki perhatian terhadap kondisi tersebut. Beberapa kali sudah dilaporkan tapi tetap saja tak bergeming. “Kadang kami menemukan bangkai hewan bertumpuk dengan sampah di pagar lahan kami. Bahkan ada juga pohon jati kami yang terbakar akibat terbakarnya sampah yang diduga disebabkan api rokok,” ujarnya.

Koordinator Pelaksana PT Praja Astindo Sumbawa, Andi Candra

Namun Jemat mengaku bersyukur ada petugas dari PT Praja Astindo Perkasa Cabang Sumbawa yang menurunkan alat berat untuk melakukan pembersihan. PT Praja Astindo ini merupakan kontraktor jalan lintas Sumbawa—Bima mulai dari Persimpangan Boak hingga Sepayung Kecamatan Plampang. “Pembuangan sampah yang menutupi bahu jalan merupakan pelanggaran karena mengganggu kelancaran lalulintas,” kata Koordinator Pelaksana PT Praja Astindo Sumbawa, Andi Candra kepada SAMAWAREA di TKP, Rabu (19/4).

Bahu jalan ungkap Andi, dimanfaatkan pengguna jalan. Jika bahu jalan dipenuhi gundukan sampah, pengguna jalan tidak bisa menghindar. “Tumpukan sampah seperti di Plampang ini juga ada di wilayah Lape,” demikian Andi Candra. (BUR/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Sumbawa Siapkan Rencana Karantina Wilayah