Minimalisir Kejahatan, Polres Sumbawa Giatkan “Kring Serse” 

oleh -80 Dilihat

SUMBAWA BESAR, SR (19/04/2017)

Kejahatan bisa terjadi karena ada niat dan kesempatan. Meski ada niat jika tidak ada kesempatan, maka kejahatan tidak akan terjadi. Kesempatan inilah yang diamputasi Satuan Reserse dan Kriminal (Reskrim) Polres Sumbawa. Sejak seminggu belakangan ini, jajaran pembasmi kejahatan tersebut, menggelar “Kring Serse”. Program ini digiatkan kembali setelah tiga tahun vakum.

Kepala Satuan (Kasat) Reskrim Polres Sumbawa, Ajun Komisaris Polisi (AKP) Elyas Ericson SH SIK, Rabu (19/4) mengatakan, dalam melaksanakan “Kring Serse” anggotanya dikerahkan pada malam hari mulai pukul 21.00 hingga menjelang pagi pukul 04.00 Wita. Anggota disebar ke titik-titik rawan pencurian dengan kekerasan (curas), pencurian dengan pemberatan (curat) dan pencurian sepeda motor (curanmor). “Mereka akan menyisir lokasi-lokasi rawan criminal secara mobile,” kata Ericson—akrab perwira ramah ini disapa.

Baca Juga  Aksinya Terekam CCTV, Pencuri Motor Milik Mahasiswa Ditangkap

Selain itu, sambung Ericson, anggotanya yang melaksanakan Kring Serse membagikan nomor handphone kepada warga. Ketika ada indikasi atau potensi terjadinya tindak pidana, dapat menghubungi anggota agar segera diambil tindakan. Selama beberapa hari pelaksanaan Kring Serse, diakui Ericson, cukup banyak hal yang berpotensi mengganggu Kamtibmas dapat dicegah. Seperti kebiasaan anak-anak muda yang melakukan pesta miras di pinggir jalan dan lokasi yang mengganggu masyarakat, dibubarkan dan diberikan pembinaan. Alhasil saat ini sudah mulai berkurang bahkan belum ditemukan lagi.   Demikian ketika ada rumah yang gerbangnya lupa ditutup pada malam hari, selalu diingatkan anggota. “Bahkan ada yang memarkir kendaraannya di teras dan halaman serta kunci kontaknya lupa dicabut. Kami membangunkan pemiliknya agar sepeda motornya dimasukkan ke dalam rumah untuk antisipasi curanmor,” ujarnya.

Baca Juga  Dua Tahun Buron, Boss Jaya Raya Sumbawa Tertangkap di Surabaya

Ia menilai kegiatan yang dilakukan sangat efektif. Karena sangat positif bagi terciptanya kamtibmas, Ericson menegaskan akan terus melaksanakan Kring Serse sepanjang dia masih menjabat sebagai Kasat Reskrim. (JEN/SR)

pilkada mahkota mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *