Deputi KBKL Kemdes Canangkan Kampung KB di Labangka

oleh -1 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (11/04/2017)

Masyarakat Kecamatan Labangka Kabupaten Sumbawa sangat antusias menyambut tamu istimewa dari pusat. Adalah Deputi KBKL Kementerian Desa (Kemdes) RI, Rr. Ir. Lilistoawardani N.Se DIP Com untuk menghadiri Pencanangan Dusun KB di Desa Jaya Makmur. Doktor Lilis—sapaan pejabat ini mengaku bangga menginjakkan kaki di wilayah Labangka. Ia mengaku sangat takjub dengan keindahan alamnya di samping subur dengan hamparan jagung yang luas.

Terkait dengan pencanangan dusun KB, Doktor Lilis menyatakan, KB bukan event melainkan diharapkan maju dan menjadi suatu konsep yang sangat penting untuk NTB dalam mengatasi masalah perkawinan terlalu muda atau belum cukup umur. Untuk itu perlu diperhatikan 3 kualitas yaitu pengendalian kelahiran, kesehatan, dan sebaran penduduk. Jika hal ini sudah terpenuhi, NTB mampu menyelesaikan masalahnya sendiri. Dengan bergotong-royong membangun kawasan agar bisa berjalan secara terpadu sebab ini merupakan terobosan brilian sehingga terjadi artikulasi budaya yang berbeda. Pasalnya dalam keragaman budaya bisa muncul kebersaman. “Apa yang ada di Labangka akan kami tularkan ke daerah-daerah lain,” imbuhnya.

KB merupakan perencanaan peningkatan kualitas keluarga dan menjaga agar anak tidak menikah di bawah umur, menjaga angka kematian bayi dan ibu, serta mengusahakan untuk tidak hamil terlalu tua. “Dengan adanya kampung KB ini diharapkan agar terus maju mensejahterakan masyarakat dengan penekanan angka kelahiran,” ujarnya. (BUR/SR)

 

iklan bapenda
Baca Juga  Rencana Pembangunan Bendungan Kerekeh Disosialisasikan