Bayi Berkepala Dua Dirujuk ke Mataram

oleh -1 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (10/04/2017)

Muhammad Talif—bayi kembar dempet yang lahir dalam kondisi berkepala dua dan bertangan tiga ini akhirnya dirujuk ke RSUP Mataram. Upaya ini dilakukan karena penanganan di RSUD Sumbawa terkendala keterbatasan peralatan medis dan sumber daya manusia. Bayi malang itu lahir Senin (10/4) sekitar pukul 08.42 Wita. Anak pasangan Fathul Bahri dan Zuriyah warga Dusun Genang Genis, Desa Kerato, Kecamatan Unter Iwis ini lahir dengan berat 3,5 kilogram melalui proses operasi cesar.

Kepala Dinas Kesehatan Sumbawa, Drs. H. Naziruddin yang dikonfirmasi, Senin (10/4) mengakui jika bayi itu telah dirujuk ke Mataram dan kemungkinan rujukannya dilanjutkan ke rumah sakit di Bali hingga Surabaya. Sebab untuk penanganannya membutuhkan kerjasama beberapa dokter spesialis. Saat ini ungkap Haji Nazir—sapaan akrabnya, pihaknya tengah mencari cara agar bayi tersebut bisa ditangani. Ia telah meminta jajarannya untuk mencari dan tidak ingin hanya persoalan sepele membuat perhatian terhadap bayi tersebut terabaikan.

Di bagian lain, Haji Nazir menyoroti kinerja petugasnya di lapangan yang harus diperbaiki. Pasalnya ketika ibu bayi hamil selama sembilan bulan tidak diarahkan untuk mendapatkan BPJS Kesehatan. Masyarakat yang tidak memiliki BPJS kemungkinan karena mereka tidak mengetahui prosedur atau malas. Karena itu, petugasnya yang harus proaktif. “Meski tidak terkafer melalui BPJS, sang bayi bisa diakomodir melalui jaminan persalinan,” imbuhnya, seraya mengakui bahwa sejauh ini pihaknya belum mendapatkan laporan detail terkait kasus tersebut. (JEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Sukses Pilkada Serentak Tak Lepas dari Peran Satpol PP dan Linmas