PUPR Target Rehab 1.530 Rumah Tuntas Sebelum APBDP

oleh -1 views
Kepala Bidang Perumahan Rakyat Dinas PUPR KSB, Nofrizal Zain Syah
bankntb

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, SR (06/04/2017)

Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (DPUPR) Sumbawa Barat menargetkan pelaksanaan rehab 1.530 unit rumah melalui Program Daerah Pemberdayaan Gotong-Royong (PDPGR) sebagai realisasi Kartu Bariri Rehab Rumah, akan tuntas sebelum APBD Perubahan.

Ditemui SAMAWAREA, Kamis (6/4) Kepala Bidang Perumahan Rakyat Dinas PUPR KSB,  Nofrizal Zain Syah mengatakan bahwa Pemda KSB telah mengalokasikan anggaran APBD untuk program rehab rumah sebesar Rp 10 milyar dengan asumsi 7–10 rumah per peliuk dari 153 peliuk yang ada. Untuk satu rumah maksimal dianggarkan Rp 10 juta tergantung tingkat kerusakannya. “Yang jelas target kami pelaksanaan bedah 1.530 rumah tuntas sebelum APBDP 2017 ini,” katanya.

Saat ini masih dalam tahapan sosialisasi di masyarakat selaku penerima manfaat. Pihaknya masih menunggu data yang diajukan oleh agen masing-masing wilayah. Data ini merupakan hasil musyawarah masyarakat, agen dan pemerintah desa. Nama-nama penerima bantuan akan dirangking dengan mengutamakan siapa yang memiliki kemiskinan terdalam. “Data itu nantinya diserahkan ke tim verifikasi lapangan yang berada di setiap kecamatan untuk memastikan keabsahan nama yang diajukan agen, untuk memperkecil peluang kekeliruan. Apabila data sesuai dengan kondisi yang sebenarnya maka tidak ada alasan lagi masyarakat untuk tidak bergotong-royong karena data yang masuk sudah disetujui oleh mereka sendiri,” ujar Nofrizal.

Baca Juga  PNPM Diminta Terus Berlanjut

Jika rehab rumah ini tuntas sesuai rencana yakni sebelum APBDP 2017, sambung Nofrizal, akan kembali dianggarkan tanpa perlu dilakukan pendataan lagi. “Datanya sudah ada akan diakomodir secara bertahap sesuai perangkingan. Jadi tinggal dilaksanakan saja,” pungkasnya. (HEN/SR)

Iklan Mantar Festival

iklan bapenda