PLN Segera Bangun PLTMG 50 MW di Badas Sumbawa

oleh -8 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (06/04/2017)

PT PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Nusa Tenggara segera membangun Pembangkit Listrik Tenaga Minyak dan Gas (PLTMG) di Kabupaten Sumbawa. Pembangkit berkapasitas 50 Mega Watt (MW) ini dibangun tepatnya di wilayah Kecamatan Badas, April 2017 ini. Hal tersebut terungkap dalam Sosialisasi Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Minyak dan Gas (PLTMG) Sumbawa 50 MW dan Infrastruktur Ketenagalistrikan 35.000 MW di Wisma Daerah Kabupaten Sumbawa, Kamis (6/4). Dalam sosialisasi yang dibuka Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Sumbawa tersebut, hadir Kepala OPD Kabupaten Sumbawa, dan Manajemen PLN Area Sumbawa.

amdal

General Manager UIP Nusra, Djarot Hutabri dalam sambutan mengatakan, listrik memiliki manfaat yang sangat besar dalam seluruh aktifitas kehidupan masyarakat, sehingga ketersediaan tenaga listrik dengan dibangunnya PLTMG patut didukung. PLTMG Sumbawa yang rencananya akan dibangun di Kecamatan Labuhan Badas Sumbawa ini berdaya 50 MW, akan dimulai pembangunannya pada April 2017 dan ditargetkan selesai 2018 mendatang. Dengan ketersediaan listrik yang cukup, harapannya akan dapat membantu meningkatkan pertumbuhan perekonomian khususnya di Kabupaten Sumbawa.

PLTMG PLN 1Sementara Bupati Sumbawa yang diwakili Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Sumbawa A. Rahim S.Sos mengatakan pembangunan infrastruktur merupakan salah satu komponen penting yang akan menentukan keberhasilan pembangunan suatu bangsa. Salah satu infrastruktur vital yang mendukung kemajuan sebuah wilayah adalah pembangkit listrik. Listrik merupakan salah satu kebutuhan masyarakat yang sangat penting dan sebagai sumber daya ekonomis yang paling utama yang dibutuhkan dalam suatu kegiatan usaha, baik di rumah, kantor, maupun tempat lainnya. Seiring perjalanan waktu, kebutuhan terhadap listrik juga meningkat, baik disebabkan oleh jumlah penduduk, jumlah investasi yang semakin meningkat maupun kemunculan berbagai industri-industri baru. Pertumbuhan dan perkembangan suatu kota terjadi akibat adanya kemajuan beberapa faktor, antara lain faktor ekonomi, industri, dan pariwisata. Kemajuan faktor-faktor tersebut tentu harus diikuti pula dengan penyediaan sarana dan prasarana penunjang yang memadai, sehingga akan didapat suatu perkembangan kota yang sebanding dan akhirnya masyarakat akan menikmati arti dari perkembangan tersebut.

Baca Juga  Dikawal TAGANA, Disos Sumbawa Tuntaskan Penyaluran Bantuan JPS Gemilang II

Keberadaan infrastruktur penunjang seperti ketersediaan pasokan listrik yang memadai, lanjut Asisten III, akan mampu mendukung perkembangan dan pertumbuhan suatu wilayah. Hal ini memberi peranan penting dan membantu perkembangan perekonomian daerah yang sedang tumbuh serta memberikan akses kepada wilayah sekitarnya yang memiliki potensi besar untuk berkembang. Dengan adanya pembangunan infrastruktur PLTMG Sumbawa 50 Mega Watt akan memberi dampak yang sangat signifikan dalam mendorong  peningkatan pembangunan dan perekonomian di Tana Samawa. Kota Sumbawa Besar yang merupakan ibukota kabupaten selama ini telah mengalami pertumbuhan penduduk cukup tinggi seiring dengan dinamika ekonomi dan mobilitas sumberdayanya, baik manusia maupun barang dan jasa yang semakin dinamis. karenanya untuk menopang dinamika sumberdaya dan pertumbuhan ekonomi wilayah serta mengantisipasi pertumbuhan kebutuhan pasokan listrik yang terus mengalami peningkatan, maka dibutuhkan ketersediaan infrastruktur ketenagalistrikan berupa pembangunan pembangkit listrik yang memadai. Secara teknis pembangunan mesin pembangkit yang baru telah mendesak untuk dilaksanakan. Sebab hal tersebut akan mampu mendorong pengembangan sektor-sektor lainnya seperti transportasi, telekomunikasi, industri, maupun pendidikan. Agar proses pembangunan PLTMG Sumbawa 50 MW yang sedang dilakukan dapat berjalan dengan baik maka dukungan dari berbagai pihak terutama masyarakat Sumbawa sangat dibutuhkan sehingga ke depan daerah ini dapat lebih maju lagi, yang berdampak pada peningkatan perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat. (JEN/SR)

 

iklan bapenda