Operasi Katarak Sambut Festival Pesona Tambora

oleh -0 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (06/04/2017)

Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi NTB dan didukung Pemkab Sumbawa, menggelar Operasi Katarak Gratis. Kegiatan dalam rangka menyambut Festival Pesona Tambora 2017 ini dipusatkan di RSUP H.L Manambai Abdul Kadir Sumbawa, Kamis (6/4).

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa, Drs. H. Rasyidi dalam sambutannya menyampaikan, operasi katarak yang diselenggarakan tanggal 6-8 April 2017 ini untuk memeriahkan Festival Pesona Tambora 2017 di Kabupaten Sumbawa, dengan harapan Tim Medis Operasi Katarak dan sponsor penyelenggara Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas dapat menikmati ajang tersebut sekaligus memberitakan keindahan-keindahan alam Sumbawa melalui medianya.

Kabupaten Sumbawa telah berupaya secara rutin melaksanakan kegiatan operasi katarak sejak 2009 dengan sasaran 300–500 pasien setiap tahunnya. Upaya ini hanya dapat mengurangi laju pertumbuhan katarak, namun belum dapat menurunkan jumlah penderita katarak secara signifikan. “Ketergantungan Kabupaten Sumbawa terhadap kegiatan operasi katarak yang bersifat event dan atas bantuan organisasi kemanusiaan lainnya masih sangat besar, karena hingga saat ini belum tersedia dokter spesialis yang menetap dan secara rutin melakukan operasi katarak setiap hari di Kabupaten Sumbawa. Karena itu bantuan sekecil apapun yang diberikan kepada Kabupaten Sumbawa untuk menuntaskan angka kebutaan sangat dihargai. Sekali lagi kami sampaikan ucapan terima kasih kepada Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas,” ungkap Sekda Sumbawa.

Direktur Dana Kemanusiaan Kompas, Rusdi Amral mengatakan Yayasan Dana Kemanusiaan Kompas membawa sumbangan dari pembaca Kompas untuk masyarakat Sumbawa yang diimplementasikan dalam kegiatan Operasi Katarak. Di Sumbawa Besar, operasi katarak sudah berlangsung dua kali. “Kita berencana tiap tahun akan menyelenggarakan kegiatan seperti ini. Karena melihat antusias yang sangat besar kami terdorong untuk mengarahkan sumbangan dari pembaca ke Sumbawa Besar membantu masyarakat yang  benar-benar membutuhkan,” jelasnya.

Baca Juga  RSUD Asy-Syifa KSB Masih Kekurangan 1500 Kantong Darah

Operasi Katarak 1Menurutnya, mata merupakan indera yang sangat vital, karena 70% informasi diperoleh dari mata. Ia berharap melalui sumbangan ini, masyarakat bisa lebih jernih penglihatannya, lebih normal aktivitasnya dan kualitas kehidupannya juga bisa lebih baik ke depannya,” ungkap Rusdi.

Sementara Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, Junaidi, S.Si.,M.Si.,Apt melaporkan, pelaksanaan kegiatan telah dimulai dengan pendaftaran dan screening di Puskesmas serta telah terdata sebanyak 450 orang dan selanjutnya mulai 6 hingga 8 April 2017 akan dilaksanakan screening dan operasi di RSMA oleh Tim Medis dari BKMM. Kegiatan ini didanai Yayasan Kemanusiaan Kompas. (JEN/SR)

 

iklan bapenda