Warga Pesanggrahan KSB Perketat Pengawasan Orang Asing

oleh -2 views
bankntb

Antisipasi Isu Penculikan Anak

SUMBAWA BARAT, SR (04/04/2017)

amdal

Isu penculikan anak yang marak beredar, membuat warga di Lingkungan Pesanggrahan Kelurahan Kuang, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) resah. Salah satu upaya untuk meningkatkan kewaspadaan dengan memasang plang “tidak menerima permintaan sumbangan dan promosi barang”. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi adanya berbagai modus kejahatan yang dilakukan orang asing.

Kepala Lingkungan setempat, Zainal Abidin yang ditemui SAMAWAREA, Selasa (4/4) mengaku terpaksa memasang plang tersebut. Plang itu berbunyi “maaf demi kenyamanan warga, kami tidak menerima permintaan sumbangan dan promosi barang dalam bentuk apapun. Dan bagi masyarakat yang ingin mencari alamat harap melapor kepada RT/RW atau kepala lingkugnan setempat”. Langkah ini dilakukan warga sebagai bentuk antisipasi. Sebab mereka tidak mengetahui niat orang. Dari pemberitaan media massa dan isu yang berkembang, bahwa kejahatan terjadi dengan berbagai modus dan profesi. Pelaku kejahatan bisa menjadi pengemis, pedagang dan lainnya. “Kami harus antisipasi sebelum ada korban. Apalagi di lingkungan kami ini, pagi dan siang hari keadaan sepi karena rata-rata pegawai kantoran,” kata Zainal.

Kendati demikian, pihaknya tidak melarang pedagang yang datang untuk mempromosikan barang ataupun peminta sumbangan dan lainnya termasuk tamu yang mencari alamat warga. Tentunya harus melapor dan apabila membawa kendaraan harus ditinggalkan di rumah Ketua RT atau kepala lingkungan. “Selama ini sudah ada yang ditolak masyarakat dan harus melapor dulu ke kami seperti orang minta sumbangan. Kami akan menginterogasi kebenaran yang dilakukan. Jika kami ragu secara tegas kami tidak mengijinkannya meminta sumbangan ke masyarakat,” tukasnya.

Baca Juga  Bhabinkamtibmas dan Tim Medis Sasar Jamaah Tabligh Kluster Gowa

Apa yang dilakukan warga ini, ungkap Zainal, sudah dikoordinasikan dengan pihak kelurahan maupun Babhinkamtibmas dan Babinsa. “Alhamdulilah mereka mendukung, dan siap bekerjasama jika terjadi sesuatu di lingkungan kami,” imbuhnya, seraya menyatakan akan menjadikan Kelurahan dan rumah RT pusat pelayanan dan informasi bagi masyarakat. Semua rumah akan dipasang pengumuman dan seluruh nomor penting dalam mendukung Kamtibmas seperti nomor Pemadam Kebakaran, kepolisian, dan BPBD. (HEN/SR)

iklan bapenda