Wagub NTB: Prestasi Penting, Tetapi Lebih Penting Integritas

oleh -77 Dilihat

MATARAM, SR (04/04/2017)

Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMK di Nusa Tenggara Barat (NTB), diharapkan dapat berjalan tertib dengan peningkatan prestasi nilai rata-rata ujian nasional yang jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Harapan itu dikemukakan Wakil Gubernur NTB,  H. Muh. Amin, SH., M.Si saat memantau langsung proses pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kota Mataram dan Lombok Barat, Selasa (4/4). Ditegaskannya, peningkatan prestasi siswa itu sangat penting untuk mengukur keberhasilan proses pembelajaran. “Yang lebih penting dari itu adalah kejujuran,” ujarnya.

Kejujuran harus ditanamkan sejak dini, termasuk dalam proses peningkatan prestasi belajar siswa, karena generasi muda ini merupakan calon pemimpin bangsa di masa depan, ungkap putra terbaik bangsa kelahiran Sumbawa itu. Karenanya, prestasi siswa harus dilakukan dengan cara-cara yang jujur dan obyektif, sehingga kedepan akan lahir calon pemimpin yang berintegritas.

Baca Juga  Bangun 14 Lapak Desa, Pemprov Pulihkan Ekonomi Desa di NTB

Wagub NTB UNBK 1Sepanjang pemantauannya, pada beberapa sekolah yang dikunjungi antara lain SMKN 7 Mataram, SMK PP Mataram, SMKN 1 Lingsar, SMKN 1 Gunung Sari dan SMKN 1 Batulayar, Wagub mengakui tidak dijumpai permasalahan yang berarti. Tujuan dari peninjauan yang dilaksanakannya adalah  untuk memastikan proses pelaksanaan UNBK pada tahun 2017 tingkat SMK berjalan dengan baik, aman dan lancar tanpa ada kendala sedikitpun. “Kita berharap proses pelaksanaan UNBK di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi NTB berjalan dengan baik, aman dan lancar tanpa ada kendala sedikitpun,” harap orang nomor dua di NTB ini.

Ia juga meminta Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTB untuk selalu melakukan evaluasi dan memastikan segala fasilitas pendukung dapat dipenuhi. Sedangkan bagi sekolah yang masih melaksanakan ujian nasional berbasis pensil dan kertas tahun ini, diharapkan tahun depan sudah melaksanakan ujian berbasis komputer (UNBK). Dengan demikian maka proses pelaksanaan ujian nasional di kota dan desa-desa akan menjadi setara.

Baca Juga  Dibuka Gubernur, Festival Balap Sampan Jerowaru Jadi Event Rutin Pariwisata

Jumlah peserta Ujian untuk SMKN dan SMK Swasta se-NTB pada tahun 2017 sebanyak 17.836 siswa, terdiri dari 10.416 siswa atau 7,9 persen masih Ujian Nasional Berbasis Kertas dan Pensil (UNPK), dan 16.420 siswa atau 92,06 persen ujian berbasis Komputer (UNBK). Sedangkan jumlah SMKN dan SMK swasta se-NTB sebanyak 258 sekolah, terdiri dari 201 sekolah atau 77,90 persen telah melaksanakan Ujian Berbasis Komputer sedangkan sebanyak 57 sekolah atau 22,17 persen masih melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Pensil dan Kertas (UNPK). Pada pemamtauan ini, Wagub didampingi Kadis Pendidikan dan Kebudayaan NTB, Drs.H.Suruji, Kasat Pol PP. Drs. Dirja Harta, M.Si. dan pejabat adiministrator terkait lainnya. (NA/SR)

pilkada mahkota mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *