BKOW NTB Atensi Penyakit Kanker Payudara dan Parenting

oleh -0 views
bankntb

MATARAM, SR (04/04/2017)

Badan Koordinasi Organisasi Wanita (BKOW) Provinsi NTB menaruh perhatian khusus terhadap masalah kanker payudara dan pola asuh anak. Sebagai penyebab kematian tertinggi di dunia, kanker payudara perlu dicegah sejak awal melalui upaya deteksi dini. Untuk itu, BKOW NTB melakukan sosialisasi di sejumlah kabupaten, termasuk Kabupaten Lombok Timur dan Lombok Tengah. “Jangan takut deteksi dini kanker payudara, karena mengetahui lebih dini akan mempercepat proses penyembuhan,” ungkap Ketua BKOW NTB, Hj. Syamsiah Amin saat sosialisasi di Kantor GOW Kabupaten Lombok Timur, Senin (3/4).

Hj Syamsiah menjelaskan berdasarkan hasil penelitian di berbagai belahan dunia khususnya di Indonesia bahwa sudah banyak perempuan yang positif terkena kanker payudara dan akan fatal akibatnya bila tidak diketahui sedari awal bahkan bisa menyebabkan kematian. Selain deteksi dini kanker payudara, pola asuh anak (parenting) juga menjadi perhatian serius jajaran BKOW tersebut. Hal ini perlu dilakukan mengingat orang tua memegang peranan penting bagi tumbuh kembang anak.

Sebagai rangkaian roadshow tersebut, Hj. Symasiah Amin juga menyerahkan 2.500 bibit cabe kepada Ketua GOW Kabupaten Lombok Timur. Hal ini dilakukan oleh pemerintah untuk membantu masyarakat, mengingat harga cabai terus mengalami kenaikan padahal sebagian besar warga Indonesia tidak bisa makan tanpa menggunakan cabai. “Diharapkan dengan adanya bibit cabai ini dapat membantu masyarakat dan bila dirawat dengan baik, cabai tersebut bisa dijual untuk membantu perekonomian keluarga,” ujarnya.

Baca Juga  Dishubkominfo Juara Pertama Futsal Persahabatan PTNNT

Pesan yang sama juga disampaikan Ketua BKOW NTB ketika bertandang ke Kabupaten Lombok Tengah. Bertempat di Pendopo Bupati, Hj. Syamsiah tidak bosan-bosannya menyosialisasikan bahaya penyakit kanker payudara serta pola asuh anak.

Sementara itu, Wakil Bupati Lombok Tengah L. Pathul Bahri menyampaikan terima kasih atas upaya yang dilakukan oleh BKOW yang telah melaksanakan sosialisasi kanker payudara di Kabupaten Lombok Tengah. “Saya himbau ibu-ibu sekalian untuk membagikan ilmu kepada tetangga dan keluarga tentang deteksi payudara. Karena jika kanker payudara terdeteksi sejak dini maka akan lebih mudah dalam penyembuhannya,” ajaknya.

Ketua GOW Lombok Tengah Baiq Nurul Aini Fathul Bahri dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas sosialisasi kanker payudara dan parenting yang diselenggarakan BKOW Provinsi NTB. “Saya mengucapkan terimakasih atas kunjungan dari BKOW Provinsi NTB. Mudah-mudahan dengan adanya sosialisasi ini, perempuan di Kabupaten Lombok Tengah menjadi lebih sadar untuk deteksi dini kanker payudara,” tutupnya. (NA/SR)

iklan bapenda