Ayo Donor Darah ! Cara Dini Mengantisipasi Penyakit

oleh -1 views
Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Asy-Syifa Kabupaten Sumbawa Barat, dr. Carlof
bankntb

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN RSUD AS-SYIFA SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, SR (04/04/2017)

amdal

Donor darah yang dilakukan oleh seseorang bukan hanya untuk membantu orang lain tapi banyak manfaat bagi diri sendiri terutama bagi kesehatan pendonor itu sendiri.

Ditemui SAMAWAREA, Selasa (4/4) Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Assyifa Kabupaten Sumbawa Barat, dr. Carlof menjelaskan manfaat donor darah. Ia meminta masyarakat tidak takut dan bersedia mendonorkan darahnya bukan hanya demi orang lain juga dirinya sendiri. “Donor darah bermanfaat bagi yang membutuhkan darah tapi juga sangat bermanfaat bagi pendonor itu sendiri. Apabila darah kita diambil satu kantong sebanyak 300 cc dengan pengecekan darah dan Hb normal, maka produksi sel-sel darah merah itu akan cepat menggantikan darah yang hilang menjadi darah yang baru sehingga akan menimbulkan kebugaran pada tubuh pendonor,” bebernya.

Manfaat lainnya, pendonor bisa menjaga kesehatan jantung, mengurangi resiko terkena kanker, bisa menurunkan kadar kolestrol, dan bisa mendeteksi penyakit berbahaya seperti Hepatitis, HIV, dan lainnya secara dini. Sebab darah yang diambil pasti akan diperiksa kembali sebelum diberikan kepada yang membutuhkan. “Apabila kami mendapatkan darah yang mengandung penyakit maka secara diam-diam dan secara prosedural kami akan menyampaikan ke pendonor dan bisa berobat lebih dini,” ujarnya.

Untuk itu Dokter murah senyum ini menghimbau masyarakat tidak khawatir mendonorkan darahnya, karena banyak orang yang membutuhkan darah. Setiap bulannya di RSUD As-Syifa sedikitnya 90 kantong dibutuhkan. “Jika ingin mendonorkan darahnya silahkan langsung ke RSUD Assyifa lantai 1 di Bagian Layanan Unit Transfusi Darah dan dibuka selama 24 jam,” imbuhnya.

Baca Juga  Warrior FCTC Dukung Sumbawa Jadi Kabupaten Layak Anak

Selain itu setiap malam Jumat di lokasi Yasinan samping kediaman Bupati, dibuka stand donor darah. Kegiatan ini sudah berjalan selama dua minggu. “Alhamdulillah pendonor semakin meningkat. Minggu awal hanya mendapat 4 kantong, dan minggu kedua 15 kantong. Dengan adanya bantuan darah dari masyarakat maka masyarakat tidak akan susah payah mencari darah, ini salah satu langkah untuk meningkatkan pelayanan kami kepada masyarakat,” pungkasnya. (HEN/SR)

iklan bapenda