Pemda Sumbawa Harus Konsisten Relokasi RSUD

oleh -0 views
Andi Rusni SE dari Fraksi Gerindra DPRD Sumbawa
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (03/04/2017)

Proposal Pemda Sumbawa yang berharap Rumah Sakit Manambai Abdulkadir (RSMA) yang berlokasi di KM 7 ruas jalan Sumbawa—Bima, menjadi rumah sakit kabupaten, telah dijawab Pemprov NTB. Selain menolak keinginan Pemda Sumbawa untuk menjadikan RSMA sebagai rumah sakit kabupaten, Pemprov malah balik meminta agar RSUD Sumbawa diambil alih untuk disatukan dengan RSMA.

amdal

Anggota Komisi IV DPRD Sumbawa, Andi Rusni SE kepada SAMAWAREA, Senin (3/4) menyatakan sangat tidak setuju jika RSUD Sumbawa diambil alih propinsi. Demikian sebaliknya juga tidak setuju RSMA diambil alih kabupaten. Pasalnya RSMA telah ditetapkan oleh Menteri Kesehatan RI sebagai rumah sakit rujukan Pulau Sumbawa dengan semangat awal pendekatan pelayanan kepada masyarakat agar pasien yang dirujuk ke RSUD Mataram dapat dirujuk ke RSMA untuk warga se-Pulau Sumbawa. Jika RSMA dialihkan menjadi RSUD Sumbawa secara otomatis menghilangkan semangat awal pasien di Pulau Sumbawa. Selanjutnya dengan ditetapkan RSMA sebagai rumah sakit rujukan regional Pulau Sumbawa oleh Menkes RI, tentu akan mendapat bantuan secara medis seperti tenaga maupun peralatan medis canggih dari pemerintah pusat. “Jika statusnya dialihkan maka akan kesulitan mendapat support dari pemerintah pusat,” imbuhnya.

Selain alasan itu, Andis—akrab politisi Gerindra ini disapa, menilai pemerintah daerah tidak konsisten dengan komitmen yang telah termaktub dalam RPJMD terkait dengan rencana relokasi RSUD Sumbawa yang menjadi harapan masyarakat sejak lama. Apalagi pemerintah Husni-Mo telah bertekad merealisasikan relokasi di masa kepemimpinannya.Untuk relokasi ini, Pemda Sumbawa melalui APBD 2017 telah mengalokasikan anggaran Rp 1 miliar untuk proses penataan lahan yang rencananya akan dilaksanakan di lokasi BBU Sering milik Dinas Pertanian Sumbawa.

Baca Juga  Pasangan Husni-Mo Serasi dan Senior

Sementara Ketua Komisi I DPRD Sumbawa, Syamsul Fikri Ar S.Ag M.Si sependapat dengan Andi Rusni. Relokasi RSUD diharapkan tetap terlaksana, sedangkan rumah sakit yang ada sekarang dijadikan rumah sakit Ibu dan Anak. “Mari kita dukung relokasi untuk mewujudkan rumah sakit yang hebat dan bermartabat,” pungkasnya. (JEN/SR)

 

RUMAH DIJUAL

iklan bapenda