Komisi I DPRD Sumbawa Akomodir Aspirasi Komunitas Adat

oleh -0 views
bankntb

SAMAWAREA PARLEMENTARIA, KERJASAMA DENGAN DPRD KABUPATEN SUMBAWA

SUMBAWA BESAR, SR (03/04/2017)

Adanya beberapa kelompok masyarakat yang mengatasnamakan diri komunitas adat untuk mendapat pengakuan dari pemerintah daerah, menjadi alasan bagi Komisi I DPRD Sumbawa. Tahun 2017 ini, Komisi tersebut mengusulkan peraturan daerah tentang Pengakuan dan Perlidungan Masyarakat Adat. “Usulan Ranperda ini sebagai respon dari usulan beberapa kelompok yang mengatasnamakan komunitas adat,” kata Juru Bicara Komisi I DPRD, Khairil H.M Ali pada Sidang Paripurna, Senin (3/4).

Menurut Komisi I, sebagian masyarakat yang mengatasnamakan komunitas adat ini dengan eksistensi selama ini telah berupaya untuk mendapatkan pengakuan. Mereka terus mengaktualisasikan diri dalam berbagai bentuk. Seperti menggelar aksi solidaritas baik yang dilaksanakan di tingkat kabupaten, provinsi juga nasional. Selain itu, mereka juga terus menggelar seminar, dialog, diskusi termasuk beberapa kali hearing dengan pemerintah daerah. Berdasarkan fakta dan realitas yang ada, Komisi I menangkap hal itu sebagai bentuk aspirasi sebagian masyarakat yang mesti diakomodir.

Dasar lain menginisiasi Ranperda ini, ungkap Khairil, berkaca dari beberapa daerah lain di Indonesia. Di beberapa daerah pengakuan dan perlindungan terhadap masyarakat adat telah diatur dengan peraturan daerah. Misalnya Perda Kabupaten Malainau nomor 10 tahun 2012 tentang pengakuan dan perlindungan hak-hak masyarakat adat di Kabupaten Malainau. Saat ini juga tengah dilakukan suatu upaya penyusunan peraturan daerah tentang pengakuan dan perlindungan masyarakat adat dan haknya. Antara lain di Kabupaten Enrekang, Kabupaten Luwu, Kabupaten Bulukumba, Kabupaten Sigi, Kabupaten Bulungan, Kabupaten Ende dan beberapa daerah lainnya.

Baca Juga  Bang Zul Ingin Tanam Seluruh Tumbuhan dalam Al-Quran di NTB

Untuk diketahui sidang paripurna beragendakan Penjelasan Komisi-komisi terhadap 6 Ranperda ini dipimpin Ketua DPRD Lalu Budi Suryata SP didampingi Wakil Ketua, Dr. Drs. A. Rachman Alamudy SH M.Si dan Kamaluddin ST M.Si serta dihadiri Sekda Drs. H Rasyidi mewakil Bupati Sumbawa dan anggota Forkopimda serta para kepala SKPD. (JEN/SR)

iklan bapenda