TGB : “Desa Inovatif Masa Depan NTB”

oleh -0 views
bankntb

MATARAM, SR (30/03/2017)

“Desa Inovatif adalah masa depan NTB,” ungkap Gubenur Nusa Tenggara Barat, Dr. TGH. M Zainul Majdi, MA saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara Festival Desa Inovatif tahun ini. Pandangan tersebut ungkap TGB panggilan Gubernur, dilandasi kenyataan bahwa kemajuan NTB membutuhkan kreativitas dan keberdayaan masyarakat di semua tempat apalagi yang hadir tumbuh di desa. “Sebagian besar masyarakat kita masih bermukim di desa. Sehingga bila masyarakat desa dalam jumlah yang besar ini mampu memanfaatkan inovasi dengan sebaik-baiknya maka desa akan cepat maju dan menjadi motor penggerak pembangunan daerah secara keseluruhan,” kata TGB.

amdal

Desa inovatif identik dengan tempat yang indah dan baik, tempat berkontribusi menyelesaikan persoalan yang dihadapi oleh masyarakat dan mampu menularkan nilai-nilai baik bagi daerah lainnya. Tak kalah yang menarik inovasi ini memberikan solusi bukan dengan biaya tinggi, apalagi sesuatu yang rumit namun hadir secara kontekstual menyelesaikan persoalan tiap karakter persoalan yang dihadapi. “Desa inovasi membuka mata kita bahwa ternyata di desa banyak melahirkan karya baik teknologi, system maupun tata cara yang memudahkan kehidupan masyarakat yang selama ini desa di stereotipe dengan keterbelakangan dan ketidakberdayaan,” tukasnya sembari menambah bahwa di balik semuanya ada nilai baik, karya yang luar biasa dan orang kota mungkin bisa banyak belajar ke desa. Jika sekarang urbanisasi terjadi karena banyak warga desa datang mencari pekerjaan dan pindah bermukim di kota, suatu saat nanti dengan pengembangan desa inovasi ini akan banyak orang kota datang ke desa menimba ilmu mencari hal baru yang memberi inspirasi dan pengetahuan bagi hidup mereka.

Baca Juga  Jelang Pemilu, Linmas Sumbawa dan Sumbawa Barat Diberikan Pembekalan

TGB Desa Inovatif 1Dijabarkan orang nomor satu di NTB ini, pada tahapan selanjutnya setelah mampu menyelesaikan persoalan yang dihadapi, desa inovasi ini bisa dikembangkan menjadi sumber peningkatan pendapatan masyarakat desa. Selain itu, bisa menjadi embrio aktivitas ekonomi maupun cikal bakal pola pembangunan desa. Adapun satu langkah penting membangun marwah desa dapat dilakukan dengan penyelenggaraan festival inovasi desa ini. “Kita harus memperhatikan bersama hal ini. Oleh karena itu, kita akan menyelenggarakan festival setiap tahun dan pemerintah provinsi akan memberikan penghargaan kepada desa inovatif saat HUT NTB nanti,” ucapnya.

Tak hanya itu lebih, Pemprov akan berkontribusi melakukan pembinaan untuk pengembangan inovasi desa bersama kabupaten dan para pihak lainnya agar manfaatnya dapat dirasakan masyarakat dan bisa ditularkan untuk pengembangan pola pembangunan desa. “Insya Allah, kedepan kita berharap dari Festival Inovasi Desa ini lahir festival wisata desa, festival budaya desa dan sebagainya. Mari kita satukan langkah majukan desa kita dan majukan NTB kita,” demikian Gubernur NTB. (NA/SR)

iklan bapenda