SMK Al Kahfi Tuan Rumah Pertemuan Ponpes se-Kabupaten Sumbawa

oleh -24 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (30/03/2017)

SMK Al Kahfi Sumbawa yang merupakan Sekolah Menengah Kejuruan berbasis Pesantren dan Pelaku Industri, menjadi tuan rumah pertemuan Forum Kerjasama dan Silaturahim Pondok Pesantren (FKSPP). Bertempat di Pondok Modern Al-Kahfi Kecamatan Moyo Hulu, Selasa (28/3) kemarin, pertemuan itu menghadirkan sekitar 14 pimpinan pondok pesantren se Kabupaten Sumbawa. Pertemuan rutin yang dilaksanakan setiap bulan ini rangka mempererat tali silaturahim antar pondok pesantren. Untuk diketahui, FKSPP dibentuk sebagai wadah silaturahim dan kerjasama untuk saling mendukung dalam memajukan pondok pesantren. “Alhamdulillah pertemuan ini sukses,” kata Ketua Umum FKSPP Kabupaten Sumbawa, Dea Guru Sahabuddin kepada SAMAWAREA, Kamis (30/3).

amdal

Dea Guru–sapaan akrabnya, berharap FKSPP mampu mengangkat citra pondok pesantren di Kabupaten Sumbawa sebagai lembaga pendidikan yang terdepan dalam pembentukan akhlak dan unggul dalam prestasi, serta mampu bersaing dengan lembaga pendidikan secara umum.

Al Kahfi 1Al Kahfi 2

Dalam forum tersebut dibahas beberapa agenda inti di antaranya pembentukan Divisi Research and Development Sumber Daya Pesantren yang dinakhodai oleh Al-Ustadz Ridwan, Pengasuh Pondok Modern Al-Kahfi. Selain itu pembentukan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Perwakilan Kabupaten Sumbawa yang dikomandani Dea Guru Ahmad Nahid, M. Pd–Pengasuh Pesantren Modern Dea Malela. Dengan dibentuknya dua lembaga di bawah payung FKSPP ini, diharapkan mampu mempercepat kemajuan seluruh pondok pesantren se-Kabupaten Sumbawa.

Seperti diketahui Pondok Modern Al-Kahfi yang baru berdiri tiga tahun lalu telah tergabung dalam FKSPP. Pendirian Pondok Modern yang terintegrasi dengan Sekolah Menengah Kejuruan yang kemudian disebut SMK Al-Kahfi Berbasis Pesantren dan Pelaku Industri ini, membawa angin segar bagi dunia kependidikan yang berbasis kepesantrenan di Tana Samawa. Kehadirannya di tengah-tengah masyarakat menjadi jawaban atas keinginan masyarakat secara luas yang mendambakan putra-putrinya di samping menuntut ilmu umum dan kejuruan juga mempelajari ilmu-ilmu agama yang dapat membentuk akhlak dan kepribadiannya. Melalui program-program unggulannya seperti Tahfiz, pengembangan bahasa Asing (Arab dan Inggris), dan kewirausahaan, Al-Kahfi kini menjadi lembaga pendidikan yang dapat diandalkan untuk menjawab persoalan-persoalan kontemporer. Seperti yang tergambar dalam visinya “mencetak pengusaha tangguh yang berkahlak mulia dan berwawasan global”. (JEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Tim Dikyasa Sukses Kampanye MSRF di SMK Farmasi Sumbawa