Abu Dhabi Dialihkan ke Saudi, TKW Sakit dan Dipulangkan

oleh -0 views
Dewi Binti Bolang didampingi suami saat lapor ke Disnakertrans Sumbawa diterima Kasi Bina Penta Ida Farida
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (29/03/2017)

Dewi Binti Bolang—TKW asal Kabupaten Sumbawa NTB, terpaksa dipulangkan. Pasalnya TKW yang diberangkatkan PT FRHB ini menderita sakit. Namun yang menjadi persoalan, ternyata TKW tersebut diberangkatkan tidak sesuai ketentuan.

Ditemui di Disnakertrans Sumbawa, Rabu (29/3), Dewi menuturkan, sebelumnya dia berangkat atas seizing suami pada 24 September 2016 lalu. Dewi direkrut PT FRHB dengan tujuan Abu Dhabi. Namun saat berangkat, negara tujuan Dewi dialihkan ke Jubel Saudi Arabia oleh pengurus keberangkatan di Jakarta. Padahal saat di Sumbawa Dewi menegaskan tidak ingin berangkat ke Saudi Arabia. Di Jakarta, Dewi diminta untuk menandatangani surat pernyataan tidak akan menuntut perusahaan jika terjadi persoalan di kemudian hari. Memang selama bekerja di sana, majikannya cukup baik dan peduli terhadapnya. Ketika sakit, majikannya juga yang mengantarkannya berobat ke rumah sakit. Namun hasil diagnosa, tidak ditemukan penyakit. Karena khawatir, majikannya mengambil keputusan mengantarnya ke agensi untuk dipulangkan dan berobat di Sumbawa. Dewi akhirnya tiba di Sumbawa Selasa (28/3) malam.

Kasi Penempatan Tenaga Kerja Disnakertrans Sumbawa, Ida Farida yang ditemui Rabu (29/3) mengaku sebelumnya telah mendapat informasi jika Dewi—TKW asal Sumbawa ini menderita sakit. Pihaknya kemudian berkoordinasi dengan BNP2TKI untuk meminta pertanggungjawaban agensi agar memulangkan Dewi. Akhirnya, Dewi bisa dipulangkan kembali ke kampung halamannya. Terkait perusahaan yang memberangkatkan Dewi, Ida mengaku sudah diblacklist. Diakui Ida, nama perusahaannya memang sudah diganti, namun pengurusnya masih tetap sama. Kemarin ketika mereka mengajukan permohonan pemberangkatan, pihak Disnaker Sumbawa langsung menolak. (JEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Barang Pesanan Tak Datang, Uang Habis Terkuras