Kajari Ingatkan Kades Jangan Pegang Uang Desa

oleh -16 views
Kajari Sumbawa, Paryono SH MH
bankntb

SUMBAWA BARAT, SR (21/03/2017)

Kepala Kejaksaan Negeri Sumbawa, Paryono SH MH mengingatkan kepala desa untuk tidak melampaui kewenangannya apalagi yang berurusan dengan uang. Saat dicegat SAMAWAREA usai mengikuti rapat pimpinan daerah di Graha Fitrah Sumbawa Barat, Kajari mengatakan banyak kepala desa yang terjerat kasus hukum karena sering mengeluarkan kebijakan yang di luar kewenangannya. Yang paling sensitif berkaitan dengan keuangan desa. Kepala desa sebagai penguasa anggaran desa tidak boleh semena-mena. Dalam pengelolaan keuangan daerah, seluruh kades harus mengacu pada Permendagri No. 113 Tahun 2014 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

Kajari mencontohkan ada kepala desa di Sumbawa yang memegang uang dan sekarang sudah menjadi tersangka. Sudah manusiawi ketika memegang uang banyak pasti rawan godaan. Apalagi jika kadesnya nakal maka penyimpangan akan terjadi. “Fungsinya staf sesuai tupoksinya. Masalah keuangan serahkan kepada bendahara, karena keberhasilan tidak mungkin tercapai tanpa ada kerjasama dalam satu organisasi,” ujar Kajari.

Di bagian lain Kajari Paryono, meminta kepada ibu-ibu kades untuk proaktif mencegah suaminya terjerumus dalam hal-hal yang tidak diinginkan. Apabila suaminya pulang membawa uang harus ditanya darimana dan untuk apa. “Jika uang desa istri harus segera meminta suaminya untuk mengembalikannya sebab uang yang disimpan di rumah dalam jumlah besar banyak kemungkinan yang bisa terjadi,” imbuhnya. (HEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Gelar Rakor, Kapolda Ajak Masyarakat Wujudkan Pilkada yang Kondusif