Persoalkan Proyek Aspirasi, Puluhan LSM Gedor DPRD

oleh -1 views
bankntb

Diwarnai Bakar Ban dan Aksi Walkout

SUMBAWA BESAR, SR (20/03/2017)

amdal

Puluhan LSM dan sebagiannya kontraktor ngelurug ke Gedung DPRD Sumbawa. Mereka mempersoalkan sejumlah proyek fisik yang disinyalir telah ‘dikuasai’ anggota DPRD. Selain itu mereka menuding oknum-oknum DPRD setempat mengintervensi eksekutif dalam hal ini PPK dan melakukan pemaksaan kehendak untuk mendapatkan proyek. Selain berorasi, massa yang mendapat pengawalan ketat aparat kepolisian ini, membakar ban bekas. Agar distribusi aspirasi dapat berjalan dengan baik, massa dipersilahkan masuk ke ruang rapat pimpinan DPRD. Hadir dalam kesempatan itu, Ketua DPRD Lalu Budi Suryata SP, Wakil Ketua DPRD, Dr. Drs. A.Rahman Alamudy SH M.Si dan Kamaluddin ST M.Si, Sekda Drs H Rasyidi, Kapolres AKBP Yusuf Sutedjo SIK MT, Kasi Intel Kejaksaan Erwin Indrapraja SH MH, para kepala SKPD, PPK serta Ketua Komisi dan Ketua Fraksi. Suasana sempat gaduh karena massa aksi terlihat tidak tertib. Mereka berebutan untuk menyampaikan pendapat dan aspirasi sehingga terkesan tidak terarah. Intinya mereka menuding oknum-oknum di DPRD bermain proyek dan mengambil kewenangan eksekutif sebagai eksekutor. Karena tidak puas dengan klarifikasi dari pihak DPRD, sebagian massa melakukan aksi walk-out. Mereka keluar dari ruang rapat, dan kembali berorasi di luar.

Kapolres Sumbawa, AKBP Yusuf Sutedjo SIK MT
Kapolres Sumbawa, AKBP Yusuf Sutedjo SIK MT

Kapolres Sumbawa, AKBP Yusuf Sutedjo SIK MT mengakui situasi di dalam ruangan sempat gaduh dan hearing tidak berjalan dengan baik karena dari masing-masing LSM tersebut menyampaikan pendapatnya. Namun demikian, pihaknya bisa mengendalikan situasi menjaga agar tetap kondusif. “Sah-sah saja mereka melakukan aksi demo dan menyampaikan aspirasinya asalkan berjalan tertib. Kami tidak ingin mereka bertindak anarkis yang justru merugikan diri mereka sendiri. Makanya kami menjaga aksi itu berjalan tertib dan damai,” ucap perwira dengan dua melati di pundak ini.

Baca Juga  Lahan BPTHMT Serading Terbakar, TNI-Polri Sigap Padamkan Api

Sementara Ketua DPRD Sumbawa, Lalu Budi Suryata SP, menyayangkan aksi walk-out sejumlah LSM pada hearing tersebut. Padahal pihaknya sangat welcome dan memberikan apresiasi atas kedatangan mereka. Hal ini dibuktikan dengan hadirnya para pihak berkompeten seperti Sekda, Asisten, para kepala SKPD, PPK, dan pimpinan DPRD, ketua komisi dan ketua fraksi. Selain itu hadir juga kapolres dan perwakilan dari kejaksaan. “Tugas kami mendengar dan menampung aspirasi dan memediasinya, agar semua permasalahan sebagai tudingan mereka (LSM) menjadi jelas,” demikian Budi Suryata. (JEN/SR)

iklan bapenda