Paus Terdampar di Pantai Pulau Panjang Sumbawa

oleh -9 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (16/03/2017)

Seekor paus ditemukan terdampar di pantai wilayah konservasi Pulau Panjang Kabupaten Sumbawa, Kamis (16/3) pagi tadi. Namun sayang paus tersebut ditemukan petugas setempat sudah dalam kondisi mati.

amdal

Kepada SAMAWAREA, Petugas Pulau Panjang, Boy Saputra menyebutkan, bahwa paus itu terdampar sudah dua hari lalu, Selasa (14/3) sore. Kendati demikian, para petugas baru mengetahui dan mendapat laporan dari nelayan yang melihat paus tersebut.

Berdasarkan keterangan warga kata Boy—sapaan pria ini, saat terdampar paus itu masih dalam kondisi hidup dan sempat dievakuasi ke tengah laut dengan cara ditarik menggunakan sampan. “Tapi sayang, malang sekali. Paus itu tidak bisa tertarik. Karena bobotnya terlalu besar. Malah sempat ada dari beberapa nelayan yang melihat gelagatnya (Paus, Red) masuk ke Perairan Alas Barat sebelum terdampar dan mati,” katanya, seraya menyebutkan paus itu memiliki panjang 16,30 meter dan tingginya 3 meter dengan diameter perut sekitar 9 meter. Kuat dugaan terdamparnya seekor paus dengan bobot cukup besar ini, lantaran terlepas dari kawanannya. Untuk sementara, bangkai paus masih dijaga agar dagingnya tidak diambil oleh masyarakat. (NA/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Rombongan Besar Menko Kemaritiman Kunjungi UTS