Petani Rumput Laut Desa Kertasari Sekarat

oleh -8 views
bankntb

SUMBAWA BARAT, SR (15/03/2017)

Petani rumput laut yang berada di Desa Kertasari, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) memprihatinkan. Pasalnya sudah dua bulan lebih ini tidak menanam rumput laut.  Tanamannya rusak diserang penyakit, bahkan yang lebih parah semua bibit ikut hancur.

amdal

Ditemui SAMAWAREA, Selasa (14/3), Anggota Komisi III DPRD KSB, Andi Laweng SH MH mengakui kondisi tersebut. Hal itu diketahuinya saat melakukan kegiatan reses di Desa Kertasari beberapa hari lalu. Petani rumput laut setempat mengeluh dengan kondisi yang dialaminya. “Mereka gagal panen dan rugi besar. Bahkan sekarang mereka gagal tanam karena bibitnya ikut rusak,” kata Andi Laweng.

Di Desa Kertasari, 80% masyarakatnya menggantungkan hidup menjadi petani rumput laut. Nasibnya tahun ini cukup mengkhawatirkan. Sebelum gagal panen, petani sudah didera dengan harga anjlok. Untuk tetap bertahan hidup, mereka terpaksa banting stir menjadi petani bercocok tanam dan menjadi butuh tani bagi yang tidak memiliki lahan.

Andi mengaku telah menyampaikan kondisi itu kepada pemerintah daerah saat acara Yasinan yang menjadi program pemerintah setiap malam Jumat. Ajang itu selain wujud syukur kepada Allah, juga menjadi sarana untuk menyerap aspirasi masyarakat. Saat itu masyarakat meminta pemerintah membantu memberikan bibit baru kepada petani. Hal itu direspon Bupati dengan menginstruksikan kepada dinas terkait untuk merealisasikannya dengan mencari bibit yang sesuai dengan karakteristik wilayah perairan Kertasari. Kebutuhan petani akan bibit bisa mencapai 100 ton untuk luas tanaman sekitar 500 hektar. (HEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Miniatur Istana Dalam Loka Dilombakan