Pemprov NTB Siap Sukseskan Tancabgas

oleh -0 views
bankntb

MATARAM, SR (15/03/2017)

Program Tanam Cabai Terintegrasi Unggas (Tancabgas) merupakan tindak lanjut dari pencanangan gerakan nasional penanaman 50 juta cabai di pekarangan oleh Menteri Pertanian Dr. Ir. Andi Arman Sulaiman MP 22 Nopember 2016 lalu. Untuk menyukseskan program tersebut, Pemerintah Provinsi NTB melalui Balai Pengkajian Teknologi Pertanian melakukan pencanangan Gerakan Tanam Cabai Terintegrasi Unggas (Tancabgas) di lahan pekarangan BPTP Provinsi NTB Narmada Lombok Barat. Hadir dalam acara tersebut Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Ir. H. Rosiadi Sayuti, M,Si., P.hd, Wakil Ketua Satu TP PKK Provinsi NTB, Hj. Syamsiah Amin, DPD RI yang sekaligus sebagai Ketua IWAPI Hj Diah Ratu Ganepi  dan seluruh SKPD lingkup Pemerintah Provinsi NTB.

Dalam sambutannya Sekda mengatakan pencanangan program Tancabgas ini sebagai terobosan yang sangat strategis untuk mengantisipasi terjadinya inflasi yang disebabkan kenaikan harga komoditas pokok, seperti kenaikan harga cabai dan unggas di pasaran.

Sekda mengharapkan kepada kepala BPTP Provinsi NTB sebagai leading sektor harus dapat memastikan program ini berjalan sukses. BPTP harus menyiapkan bibit cabai, bukan hanya untuk organisasi-organisasi yang dijadikan partener dalam menyukseskan program tersebut, tetapi juga masyarakat sekitar bisa memperoleh bibit cabai gratis, sehingga program ini benar-benar sukses dan dapat dirasakan efeknya oleh masyarakat. “BPTP harus memastikan ketersediaan bibit cabai, agar masyarakat juga dapat terlibat dan memperoleh manfaat dari program itu,” katanya.

Baca Juga  Pohon Colo Raksasa Tumbang, Satu Kritis

Selain itu, Sekda berharap dalam menyukseskan pencanangan program Tancabgas, BPTP harus menggandeng pihak-pihak lain seperti perguruan tinggi dengan melibatkan mahasiswanya. BPTP juga dapat menyediakan lahan bisnis untuk masyarakat sekitar dan para pemuda yang memiliki bakat bisnis sehingga program yang telah dicanangkan ini bukan hanya untuk konsumsi skala rumah tangga saja, tapi dapat memiliki nilai tambah ekonomi dan dijadikan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Manfaat menanam di pekarangan juga dapat dijadikan sebagai arena refresing dengan keluarga. (NA/SR)

iklan bapenda