Lahan Terendam, Petani Sumbawa Dapat Cadangan Bibit Nasional

oleh -0 views
Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa, Ir Abdul Murad MM
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (13/03/2017)

Tercatat 6.290,95 hektar lahan pertanian yang terendam akibat banjir bandang yang melanda 17 kecamatan di Kabupaten Sumbawa. Akibatnya 2.224,43 hektar mengalami puso atau gagal panen. Hal ini diungkapkan Sekretaris Dinas Pertanian Kabupaten Sumbawa, Ir Abdul Murad MM, Senin (13/3).

Kerusakan itu tersebar di wilayah Kecamatan Lunyuk, Lape, Moyo Hilir, Moyo Utara, Maronge, Unter Iwis, Plampang, Labuhan Badas, Sumbawa, Utan, Lopok, Moyo Hulu, Buer, Empang, Tarano, Rhee, dan Batu lanteh. Pemerintah daerah melalui dinas terkait ungkap Murad—akrab Sekdis disapa, sudah mengidentifikasi dan diajukan ke Kementerian Pertanian RI agar mendapatkan cadangan benih nasional. “Petani yang gagal panen akan diberikan benih. Insya Allah segera terealisasi sehingga musim tanam saat ini benih dapat digunakan petani,” katanya.

Bagaimana dengan kerusakan saluran irigasi dan cekdam ? Murad mengaku sudah diajukan melalui dana APBN. Tentunya dapat diprioritaskan agar dapat dimanfaatkan para petani untuk mendukung pemanfaatan lahannya dalam bercocok tanam. (JEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Sumbawa Dapat Bantuan Sapi Australia