Waspada !!! Penipuan Jual Beli Online

oleh -55 views
iIustrasi
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (12/03/2017)

Yiyin Makalew (31) harus kehilangan uang Rp 17,1 juta. Perempuan yang tinggal di Kelurahan Seketeng Kecamatan Sumbawa ini tertipu jual beli online. Kejadiannya Sabtu (11/3) sekitar pukul 15.00 Wita.

amdal

Sebelumnya korban kenal dengan pelaku bernama H. Anugrah beralamat Jalan Jenderal Sudirman Jogyakarta melalui facebook. Saat itu pelaku meng-update barang-barang elektronik. Korban pun tertarik dengan TV LED merk Samsung 32 inch TV LED Philips 42 inch. Sebab harganya sangat murah yakni Rp 650 ribu dan Rp 850 ribu. Setelah berkomunikasi, korban pun mentransfer uang Rp 1,5 juta ke rekening BRI atas nama Sumarni. Pelaku kembali menghubungi korban agar mentransfer uang Rp 2 juta dengan alasan karena kwitansi penjual terhadap barang tersebut seharga Rp 3,5 juta. Tanpa menaruh curiga korban menurutinya. Tak berselang lama, pelaku menghubungi korban dengan alasan barang yang dibeli dikenai pajak yaitu per barang seharga Rp 3 juta. Masih saja korban belum curiga dan kembali menstransfer uang tersebut. Ternyata masih saja pelaku menghubungi korban. Kali ini pelaku beralasan bahwa barang yang telah dibelinya itu telah digrebeg petugas kepolisian. Bersamaan dengan itu ada seorang lelaki bernama Gunawan mengaku dari aparat kepolisian Polda Jogyakarta meminta tebusan uang sebesar Rp. 3,8 juta untuk 1 televisi sehingga korban mentransfer uang Rp. 7,6 juta untuk dua barang dimaksud. Terakhir pelaku menghubungi korban meminta ditransfer uang Rp 5,7 juta dengan dalih penghapusan data dari pihak pajak dan pihak Kepolisian. Barulah korban tersadar telah terperangkap dalam modus penipuan sehingga tidak mengindahkan permintaan pelaku. Namun demikian korban menderita kerugian Rp 17,1 juta.

Baca Juga  Disinyalir Cafe Keluarga Jadi Tempat Maksiat

Menurut Kasubag Humas Polres Sumbawa, AKP Waluyo, kasus penipuan melalui jual beli online kerap terjadi, namun masih saja ada korban yang terbujuk rayu. Harusnya mereka berpikir harga dari barang tersebut. Jika harga sangat murah dan tidak masuk akal, patut dicurigai dan diabaikan saja. (JEN/SR)

iklan bapenda