32 Universitas se-Indonesia Hadir Mukernas di Sumbawa

oleh -0 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (13/03/2-17)

Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia (ILMPI) kembali menyelenggarakan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) ke-7 di Sumbawa Besar. Event berskala nasional yang mengangkat tema “Batompok ko Kabalong” itu, diketahui hingga saat ini sudah teregistrasi 32 universitas di Indonesia untuk ambil bagian pada kegiatan yang berlangsung selama 7 hari tersebut, sejak 11 hingga 19 Maret.

amdal

ILMPI yang sudah 6 tahun berdiri dan bertindak sebagai inisiator kegiatan menyelenggarakan Mukernas ke-7 di UTS guna mengevaluasi agenda Mukernas yang sebelumnya dilakukan di Universitas Negeri Padang (UNP) Tahun 2016 dan membahas agenda setahun ke depan. Kegiatan tersebut juga bertujuan untuk memperkuat silaturrahmi antar mahasiswa Psikologi se-Indonesia.

Untuk mendukung kelancaran kegiatan, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) berkolaborasi dengan instansi dan lembaga di Kabupaten Sumbawa seperti DPRD, Dikes, Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar), Pemda, Kodim, Polres Sumbawa, Bappeda, Lembaga Adat Tana Samawa (LATS), Dewan Kesenian, dan PMI. Panitia berharap terlibatnya instansi-instansi dan satuan kerja tersebut, dapat menjadi bentuk promosi Kabupaten Sumbawa di kancah nasional sekaligus mendukung kemajuan potensi-potensi yang ada di Tana Samawa. BEM Fakultas Psikologi UTS yang menjadi panitia sekaligus tuan rumah menyampaikan kegiatan akan berlangsung dari 11-19 Maret 2017 mendatang.

Ketua panitia Mukernas Andri S. Anam membeberkan agenda kegiatan tersebut di antaranya, malam penyambutan di Istana Dalam Loka, Sabtu (11/3) kemarin. Resepsi penyambutan akan memperkenalkan estetika Sumbawa dengan menampilkan Tari Nguri dan Penampilan Sakeco. Pada akhir kegiatan, panitia akan mengajak peserta melakukan eksplorasi Istana Dalam Loka untuk memperkenalkan cagar budaya Sumbawa yang juga menjadi identitas Tau Samawa.

Baca Juga  Tim LCC SMANDA Targetkan Tembus Nasional

Dijadwalkan hadir pada kegiatan tersebut Bupati Sumbawa H. Husni Djibril untuk memberikan sambutan dan mempresentasikan nilai-nilai luhur dari seni dan budaya maupun wisata yang ada di Kabupaten Sumbawa kepada perwakilan masing-masing universitas di Indonesia.

Mukernas sendiri akan diselenggarakan pada Senin-Kamis (13-16/3) ke depan. Kemudian, Jumat, (17/3) peserta melakukan kunjungan beberapa tempat untuk memperkenalkan keindahan destinasi-destinasi wisata di Pulau Sumbawa. Ada juga aksi membagi buku yang dibawa oleh tiap-tiap peserta Mukernas dan direncanakan akan dibagi ke beberapa wilayah Sumbawa. Pada akhir kunjungan peserta akan menuju arena pacuan kuda untuk melihat bagaimana kondisi joki anak. Sedangkan Sabtu (18/3) akan menyelenggarakan Talk Show untuk membahas dan mencari solusi bersama tentang isu-isu menarik yang ditemui di lapangan sekaligus mengangkat isu dampak-dampak secara psikologi yang terjadi pada joki cilik.

Dekan Fakultas Psikologi UTS, Yossy Dwi Erliana, M.Psi, memaparkan kegiatan tersebut juga bertujuan memperkenalkan event main jaran dengan anak-anak sebagai joki sebagai budaya Sumbawa ke level nasional dan menunjukkan semangat belajar yang dimiliki oleh para joki cilik. Harapannya, bisa membuka mata masyarakat bahwa para joki juga mampu meneruskan cita-citanya dengan belajar. “Kami berharap para joki ini mendapat jaminan untuk masa depan mereka. Agar para Joki diberikan penghargaan yang layak. Mendapatkan imbalan jasa yang lebih pantas sertifikat atau beasiswa misalkan,” ungkap Yossy yang juga seorang Psikolog itu. (JEN/SR)

iklan bapenda