Tingkatkan Perpustakaan Berbasis IT, Sumbawa Gandeng Coca-cola

oleh -0 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (06/03/2017)

Bekerjasama dengan Coca-cola Faundation, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumbawa menggelar Sosialisasi Program PerpusSeru “Pengembangan Perpustakaan berbasis Tekhnologi Informasi dan Komunikasi” di Aula Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumbawa, Senin (6/3).

amdal

Dalam laporannya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumbawa, Ir. Mustafa mengatakan, sosialisasi PerpusSeru bertujuan untuk mengurangi kemiskinan informasi dan meningkatkan pendidikan, kesehatan, dan pengembangan ekonomi masyarakat di Indonesia khususnya di Kabupaten Sumbawa. Salah satunya mentransformasi perpustakaan daerah dan desa menuju pusat informasi pembelajaran yang menjawab kebutuhan masyarakat melalui peningkatan akses terhadap teknologi dan layanan yang relevan. Beberapa komponen program PerpusSeru yaitu, meningkatkan/menyediakan perangkat komputer dan internet, membangun kemitraan untuk membangun ekosistem perpustakaan, capacity building  yang intensif meliputi training, mentoring, coaching, dan advokasi untuk mendukung keberlanjutan pengembangan perpustakaan, monitoring, evaluation and learning/ pembelajaran (MEL).

Perpuseru 1

Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Sumbawa, A. Rahim, S.Sos yang membuka kegiatan tersebut menyampaikan penghargaan khususnya kepada Coca Cola Foundation Indonesia yang telah menjadikan Kabupaten Sumbawa melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sumbawa sebagai salah satu mitra dalam melaksanakan Program PerpuSeru. Harapannya, program tersebut dapat menjadi wahana untuk meningkatkan minat baca, memperluas akses informasi, kreatifitas, pengetahuan dan pembelajaran di kalangan masyarakat khususnya para generasi muda di Tana Samawa. “Saya berharap kepada kita semua untuk dapat mengajak masyarakat khususnya generasi muda Sumbawa agar menanamkan kebiasaan gemar membaca. Untuk itulah keberadaan perpustakaan menjadi penting dalam mendukung masyarakat kita untuk gemar membaca,” ungkap Asisten III Sekda.

Baca Juga  Wabup Resmi Tutup MTQ XXXII, Kecamatan Sumbawa Juara Umum

Pengembangan perpustakaan memang harus didukung oleh semua pihak termasuk swasta sebagaimana yang dilakukan oleh Coca-Cola Foundation melalui program PerpuSerunya. Untuk diketahui, program Perpuseru diselenggarakan dalam rangka membantu mengembangkan perpustakaan umum menjadi pusat belajar masyarakat, termasuk di antaranya memiliki kemampuan untuk memberdayakan perempuan, remaja, dan wirausaha. (JEN/SR)

iklan bapenda