Firin-Fud Sukses Turunkan Angka Kemiskinan di KSB

oleh -0 views
Sekretaris Dinas Sosial Sumbawa Barat, Manurung S.Sos
bankntb

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN BAG. HUMAS DAN PROTOKOL SETDA SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, SR (05/03/2017)

amdal

Target Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W. Musyafirin MM—Fud Syaifuddin ST, menurunkan angka kemiskinan minimal 2 persen per tahun ternyata bukan hanya janji. Iktiar selama satu tahun dengan menerapkan program yang menyentuh langsung masyarakat membawa hasil memuaskan. Sesuai data dari Dinas Sosial KSB, penurunan angka kemiskinan di KSB mencapai 3%. “Sesuai data terbaru Dinas Sosial, angka kemiskinan di KSB sudah turun 3% dari 20% menjadi 16,89 %,” ungkap Sekretaris Dinas Sosial Sumbawa Barat, Manurung S.Sos kepada SAMAWAREA belum lama ini.

Turunnya angka kemiskinan ini ungkap Manurung, karena 14 syarat yang dikategorikan miskin oleh pemerintah langsung disentuh melalui program Bendah Rumah terus berjalan secara bertahap setiap tahunnya. Seperti rumah berlantai tanah, kayu, dan bambu. Dinding rumah terbuat dari bahan berkualitas rendah. Kemudian tidak memiliki fasilitas BAB sudah dituntaskan pada tahun pertama melalui Program Jambanisasi. Rumah tidak berlistrik sudah diatasi dengan pemberian bantuan pembangkit listrik tenaga surya. Masyarakat tidak mampu membayar biaya pengobatan telah ditangani program BPJS gratis khusus Klas C. Sedangkan pelayanan kesehatan puskesmas digratiskan meski tanpa BPJS melainkan hanya memperlihatkan identitas diri. “Masih banyak lagi program yang menyentuh masyarakat yang bisa menaikkan taraf hidup masyarakat di KSB melalui Kartu Pariri dan Kartu Bariri,” imbuhnya.

Baca Juga  Pemda Sumbawa Siapkan Kemeriahan HUT ke-58

Karena itu standar 2% per tahun untuk menurunkan angka kemiskinan di KSB tidak sekedar wacana dan janji semata. Pihaknya berkeyakinan setiap tahun angka kemiskinan terus mengalami penurunan, mengingat adanya Program Keluarga Harapan ( PKH) kerjasama Pemda dan pemerintah pusat. (HEN/SR)

iklan bapenda