Reses di Sumbawa, Johan Fokus ke Daerah Terdampak Banjir

oleh -1 views
Johan Rosihan tinjau bantaran sungai di Empang pada pasca banjir
bankntb

MATARAM, SR (04/03/2017)

Sudah dua hari H Johan Rosihan ST—Anggota DPRD NTB dari Dapil V (Sumbawa-KSB) melakukan kunjungan resesnya untuk menyerap aspirasi masyarakat. Dari beberapa titik di Kabupaten Sumbawa yang sudah disambangi, sebagian besar masyarakat menginginkan agar infrastruktur yang rusak diterjang banjir dapat segera diperbaiki.

amdal

Seperti di Karang Bage Kelurahan Bugis Kecamatan Sumbawa. Masyarakat setempat menginginkan adanya pemasangan bronjong, penataan bantaran sungai dan memperbaiki rumah yang rusak akibat banjir. Untuk rumah yang hanyut, sudah ada tawaran dari pemerintah agar direlokasi. Namun yang menjadi persoalan, pemerintah mengganti rumah mereka yang berstatus hak milik dengan rumah yang berstatus hak pakai. Selain itu type dan kualitas rumah yang dinilai tidak memenuhi standar.Johan Karang Bage

Johan Reses di Karang Bage (atas) dan Dusun Pamulung (bawah)
Johan Reses di Karang Bage (atas) dan Dusun Pamulung (bawah)

Kemudian di Dusun Pamulung Desa Karang Dima Kecamatan badas. Banyak fasilitas dan jaringan air minum yang rusak menyebabkan masyarakat kesulitan mendapatkan air bersih. Terpaksa mengambil air di sumur secara manual, itupun belum menjamin higyenisnya. Selain soal infrastruktur, ibu-ibu di Pamulung berharap bantuan modal usaha untuk kerajinan tenun khas Sumbawa. “Sebagai destinasi wisata, Pamulung salah satu daerah penghasil tenun khas Sumbawa. Ibu-ibu di sana meminta modal usaha dan bantuan alat tenun,” kata Johan—sapaan akrab Ketua Fraksi PKS DPRD NTB ini.

Sementara itu masalah inftrastruktur juga mencuat dari warga di tiga desa wilayah Kecamatan Empang. Berupa pemasangan bronjong, prapet, dan saluran induk yang melintasi dua desa yakni Empang Atas dan Empang Bawah. Di samping itu pengerukan sedimen pada Embung Brang Paria. “Memang untuk reses kali ini saya lebih fokus pada daerah yang terdampak banjir. Insya Allah, aspirasi masyarakat yang terserap melalui agenda reses ini akan kita tindaklanjuti dan dijadikan bahan perhatian pemerintah secara bersama-sama agar bisa direalisasikan,” demikian Johan Rosihan.

Baca Juga  Presiden Ingin Rumah Tahan Gempa Dibangun di Lombok
Johan Sambangi MIN 2 Sumbawa
Johan Sambangi MIN 2 Sumbawa

Untuk diketahui, pada kegiatan resesnya Johan menyempatkam diri menyambangi keluarga besar MIN 2 Sumbawa. Di sekolah itu, Johan disambut antusias oleh siswa setempat. (NA/SR/Adv)

iklan bapenda