PTAMNT Hijaukan Pantai Jempol

oleh -10 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (03/03/2017)

PT Amman Mineral Nusa Tenggara (PTAMNT) melakukan penanaman seratusan pohon di sepanjang pesisir Pantai Jempol, Desa Labuan Kecamatan Badas, Kabupaten Sumbawa, Jumat (3/3). Kegiatan tersebut melibatkan pemerintah kecamatan, pemerintah desa dan pelajar SMP Negeri 1 Badas. Upaya yang dilakukan perusahaan tambang emas tersebut untuk menjadi salah satu destinasi wisata kuliner Sumbawa itu sejuk dan hijau. Selama ini aktivitas ekonomi di Pantai Jempol hanya bergeliat pada sore hingga malam hari. Ini karena siang harinya panas tanpa ada pohon perindang tempat berteduh. Dengan adanya penanaman pohon ini, beberapa tahun ke depan dipastikan aktivitas ekonomi bukan hanya pada malam hari tapi juga berlangsung di siang hari.

amdal

Koordinator PTAMNT Perwakilan Sumbawa, Zulkarnain Quin mengatakan, penghijauan ini merupakan salah satu program lanjutan dari beberapa program yang dicanangkan pada Tahun 2016 di Kabupaten Sumbawa. Selain di beberapa kecamatan sekitar eksplorasi tambang PTAMNT, penghijauan juga dilakukan di Kecamatan Labuhan Badas yang dipusatkan di Pantai Jempol. Dipilihnya Pantai Jempol ini ungkap Quin—sapaan akrabnya, karena lokasi tersebut merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Sumbawa. Sejauh ini lokasi tersebut terlihat cukup terik terutama saat siang hari, sehingga roda perekonomian masyarakat tidak berjalan maksimal. Dasar inilah yang mendorong pihaknya melakukan kegiatan penghijauan Pantai Jempol. “Jika pohon ini sudah besar dan tumbuh dengan baik, lokasi ini bisa lebih sejuk, aktifitas ekonomi dan pariwisata di Pantai Jempol makin menggeliat,’’ terangnya.Pantai jempol Hijau 1

Baca Juga  Temui Ratusan Nelayan, Presiden Pastikan SKPT Natuna Bermanfaat

Disebutkannya, ada seratusan pohon jenis waru dan ketapang yang ditanam. Dalam kegiatan itu PTAMNT bekerjasama dengan Lembaga Maju Bersama, melibatkan Pemerintah Kecamatan Badas, Pemerintah Desa Labuhan, dan siswa SMP Negeri 1 Labuhan Badas. Tak hanya itu Komunitas Pesisir ikut ambil bagian. Ia berharap kegiatan ini dapat bermanfaat di masa mendatang. Karena itu sangat dibutuhkan dukungan masyarakat dan pemerintah setempat dalam menjaga, merawat dan memelihara pohon tersebut sehingga dapat tumbuh dengan baik. “Penanaman pohon ini merupakan salah satu wujud kepedulian kami dalam melakukan perlindungan terhadap lingkungan, sekaligus memberikan kenyamanan bagi masyarakat,” tambah General Supervisor (Gensuv) Komunikasi PTAMNT, H Ruslan Ahmad.

Sementara Sekcam Badas, Muhammad Jufri S.Sos M.Si menyampaikan terima kasih kepada PTAMNT terhadap kegiatan penghijauan yang dilakukan. Hal ini penting, terutama dalam hal menjaga lingkungan dan memperindah destinasi wisata khususnya di Pantai Jempol. Diharapkan program penghijauan ini bukan yang pertama sekaligus terakhir kalinya dan tidak hanya di Pantai Jempol, tapi juga di sepanjang pantai wilayah Badas dari Saliperate hingga Pantai Goa. Terhadap pohon yang sudah ditanam, Bang Juf—sapaan akrabnya, meminta masyarakat untuk memeliharanya dan memastikan tumbuh dengan subur. “Jika hanya bisa menanam tapi tidak bisa memelihara maka program ini akan menjadi sia-sia,” pungkasnya. (JEN/SR)

iklan bapenda