Wabup Minta ASN Segera Lapor SPT Tahunan

oleh -0 views
Wabup Sumbawa, Drs H Mahmud Abdullah menerima plakat dari Kepala KPP Pratama Sumbawa Yunita Sunarsasi
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (01/03/2017)

Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sumbawa bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Sumbawa menggelar Asistensi Pengisian SPT Tahunan PPh Wajib Pajak Orang Pribadi Tahun Pajak 2016 melalui e- Filing di Aula H.Madilaoe ADT lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa, Rabu (1/3/2017).

Kepala KPP Pratama Sumbawa Yunita Sunarsasi dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan acara rutin tahunan yang diselenggarakan setiap awal Bulan Maret dalam rangka menyamakan langkah dalam pengisian SPT bagi para wajib pajak. “Semoga kegiatan ini menjadi langkah awal yang baik dalam penyampaian laporan SPT Tahunan, dan memberikan kemudahan bagi wajib pajak untuk melaporkan SPT,” harapnya.

Wakil Bupati Sumbawa Drs. H. Mahmud Abdullah mengatakan bahwa pajak sangat penting karena menjadi tumpuan utama APBN pemerintah, yaitu hampir 80% APBN berasal dari penerimaan pajak. Demikian pula bagi pemerintah daerah juga mendapatkan pembagian penerimaan pajak dalam bentuk Dana Desa, DAU, DAK, bagi hasil PPh pasal 21 orang pribadi dan dana insentif daerah. Dana-dana tersebut menjadi penopang utama bagi APBD kabupaten/kota di Indonesia. Sebagai salah satu sumber pembiayaan penyelenggaraan negara, kontribusi pajak memang harus diupayakan untuk ditingkatkan dari tahun ke tahun. Kepatuhan melaksanakan kewajiban perpajakan merupakan bentuk partisipasi nyata dalam membangun negeri. Dan salah satu bentuk kepatuhan tersebut adalah dengan melaporkan penghitungan dan atau pembayaran pajak melalui SPT tahunan.

Baca Juga  Populasi Sapi Bali di Sumbawa Turun 7,5 Persen

Pemerintahan Kabupaten Sumbawa lanjut Wabup, mendukung penuh KPP Pratama Sumbawa Besar, dalam upaya bersama membangun peradaban yang baik di Kabupaten Sumbawa. Antara lain mengupayakan pemerintahan yang bersih, makin transparan, responsif dan akuntabel sehingga masyarakat pun patuh untuk menjalankan kewajibannya demi kepentingan bangsa dan negara. “Kepada seluruh ASN di Kabupaten Sumbawa diharapkan juga agar selalu patuh menjalankan kewajiban perpajakan, terutama penyampaian surat pemberitahuan tahunan Pajak Penghasilan Orang Pribadi (SPT tahunan PPH OP). Dan untuk SPT tahun 2016, saya harapkan setiap ASN lingkup Pemerintah Kabupaten Sumbawa dapat menyerahkannya sebelum tanggal 31 Maret 2017,” harapnya.

Wabup juga meminta agar para peserta sosialisasi memanfaatkan momen pertemuan ini untuk dapat menggali sebanyak-banyaknya informasi mengenai tata cara pengisian SPT tahunan, kemudian mensharingkannya ke ASN yang lain agar seluruh ASN di lingkup Pemerintah Kabupaten Sumbawa dapat memenuhi salah satu kewajibannya sebagai warga negara yang baik yaitu melaporkan SPT tahunan dengan benar dan tepat waktu. (JEN/SR)

iklan bapenda