UKK SMKN 1 Sumbawa Ajang Menarik Minat Dunia Usaha

oleh -18 views
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (02/03/2017)

Banyak cara dilakukan SMK Negeri 1 Sumbawa untuk mempromosikan diri. Dalam menarik minat calon siswa baru sekolah bersangkutan masih menggunakan pola biasa sebagaimana yang diterapkan pada umumnya. Tapi untuk menarik minat dunia usaha maupun dunia industri (DU/DI) agar dapat mempekerjakan lulusannya, inilah yang membutuhkan inovasi.

amdal

UKK SMKK 1

Uji Kompetensi Siswa (UKK) yang dilakukan SMK favorit dan unggulan ini menjadi salah satu solusi tepat. Tidak heran, setiap melaksanakan ujian yang lazim disebut ujian praktek di sekolah kejuruan tersebut selalu mengundang pelaku DU/DI. Seperti UKK Tahun Pelajaran 2016/2017 yang digelar, Rabu (1/3) kemarin. Selain mengundang orang tua/wali murid, pihak sekolah tetap menghadirkan pelaku DU/DI, sekaligus sebagai asesor.

Menurut kepala sekolah setempat, Asari S.Pd, MPd yang ditemui SAMAWAREA, bahwa UKK ini ajang promosi sekolah kepada DU/DI. Pihaknya ingin memperlihatkan bahwa siswa sudah memiliki kompetensi, sebagai salah satu syarat diterima bekerja setelah lulus nanti. Ujian praktek yang dilaksanakan dari 23 Februari hingga 1 Maret ini juga untuk mengetahui sejauhmana keterampilan yang sudah dicapai siswa sesuai materi yang diberikan guru selama ini. “Inilah yang menjadi alasan mengapa sekolah juga mengundang orang tua wali murid,” akunya.

UKK SMKK 3

Untuk tahun ini 208 siswanya mengikuti ujian praktek. Mereka berasal dari 6 jurusan program studi yakni Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Multi Media (MM), Akomodasi Perhotelan, Tata Boga, Tata Busana serta Tata Kecantikan. Siswa dari masing-masing jurusan ini menampilkan keahlian yang dimilikinya. Materi yang ditampilkan dalam UKK ini disusun langsung oleh Direktorat Pembinaan SMK, mengacu kepada standar kompetensi.  Ujian praktek ini wajib hukumnya diikuti oleh seluruh siswa. Sebab menjadi salah satu penentu kelulusan. Setelah UKK ini, ungkap Asari, ada tahapan berikutnya yang harus diikuti. “Setelah UKK ada Ujian Sekolah (US) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Baru terakhir Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang dilaksanakan 3—6 April mendatang,” demikian Asari. (JEN/SR)

 

iklan bapenda
Baca Juga  Bupati Launching Rumah Yatim dan Dhuafa Putri "Annisa”