Tingkatkan Pendapatan Daerah, Bapenda Gelar Rakor

oleh -71 Dilihat

SUMBAWA BESAR, SR (03/03/2017)

Bersinergi untuk meningkatkan pendapatan daerah, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sumbawa menggelar Rapat Koordinasi Pendapatan Daerah, Kamis (2/3). Bertempat di Aula, H. Madilaoe ADT Kantor Bupati Sumbawa, Kepala Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Sumbawa, Wirawan S.Si.,MT melaporkan bahwa rapat tersebut digelar untuk memastikan seluruh perangkat daerah meraih target pendapatan yang telah direncanakan. Ada beberapa output yang dihasilkan dari rakor tersebut yaitu untuk menghasilkan rencana penerimaan tahun 2017, hasil rapat setidaknya menggambarkan kapasitas anggaran, memastikan target pendapatan tahun 2017 yang telah ditetapkan dalam APBD terealisasi dengan baik, serta menghasilkan berita acara yang berisi tentang komitmen dalam pencapaian target yang telah disepakati.

Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa Drs. H. Rasyidi dalam arahannya menyampaikan selain DAK dan DAU dari pusat, pendapatan asli daerah mempunyai peranan yang sangat penting dalam menopang pembangunan daerah. Pendapatan Asli Daerah (PAD) menjadi salah satu pilar kemandirian suatu daerah. Sebab PAD merupakan sumber pendapatan daerah yang berasal dari kegiatan ekonomi daerah itu sendiri. Citra keuangan pemerintah daerah akan tercermin dari besarnya PAD yang diperoleh dan bagaimana alokasi keuangan daerah untuk membiayai kegiatan pemerintah daerah bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kontribusi yang dicapai dari pendapatan asli daerah dapat terlihat dari seberapa besar pendapatan tersebut disalurkan untuk membangun daerah agar lebih berkembang dan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. “Hingga saat ini Kabupaten Sumbawa telah memiliki sejumlah peraturan daerah yang menjadi landasan penerimaan pendapatan daerah, untuk itu saya meminta adanya peningkatan kinerja perangkat daerah dan ASN pengelola pajak daerah dan retribusi daerah, serta tetap melakukan koordinasi internal dan eksternal bagi upaya pencapaian target pendapatan yang telah ditetapkan,” pintanya.

Baca Juga  Deapati Koasa Ling Anorawi Titip Tugas Besar Kepada Pengurus LATS

Sekda juga berharap untuk bersama-sama melakukan analisis potensi-potensi yang ada di daerah dan merencanakan pengembangan potensi tersebut sebagai pemasukan daerah. Disamping itu, merencanakan revisi peraturan daerah tentang retribusi khususnya penambahan dan penyesuaian beberapa objek dan tarif retribusi daerah. “Peningkatan pendapatan daerah ini penting, karena kita masih membutuhkan anggaran untuk mendukung pembiayaan pembangunan infrastruktur strategis dan prioritas, seperti, RSUD, jalan, gedung OPD, pasar, perluasan bandara, pembebasan lahan beberapa proyek pemerintah pusat dan lain-lain. Tentu upaya peningkatan pendapatan asli daerah itu, tetap mempertimbangkan kondisi perekonomian daerah kita,” harap Sekda.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sumbawa H. M. Husni Djibril B.Sc juga memberikan masukan terkait upaya setiap perangkat daerah untuk dapat meningkatkan pendapatan daerah. Hal tersebut dilakukan demi kemajuan pembangunan di Kabupaten Sumbawa. (JEN/SR)

pilkada mahkota mahkota rokok NU
Azzam

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *