Perkuat STP, Pemda Sumbawa Bangun SIKIM di UTS

oleh -0 views
Sekda Sumbawa, Drs. H. Rasyidi
bankntb

SUMBAWA BESAR, SR (02/03/2017)

Bupati Sumbawa melalui Sekda, Drs. H. Rasyidi menyatakan rasa bangga atas diresmikannya Science and Techno Park (STP) Sumbawa. Momen ini dapat menjadi tonggak bersejarah bagi terjalinnya kemitraan yang kuat antara Pemda, perguruan tinggi, dan dunia usaha di daerah ini dalam upaya bersama membangun dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah secara berkelanjutan melalui penguasaan, pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi yang relevan dengan target-target pembangunan daerah. Sejalan dengan agenda pembangunan nasional (nawacita) yaitu bahwa pengembangan STP dihajatkan untuk peningkatan kapasitas SDM dan Iptek dalam rangka pengembangan klaster-klaster industry, saat ini Pemdas sedang menggagas terbentuknya Dewan Riset Daerah dalam upaya mendorong penguatan sistem inovasi daerah (Sida) di Sumbawa. Keberadaan dewan riset ini nantinya diharapkan dapat secara bersama-sama dengan STP memberi konstribusi positif bagi terjadinya persebaran pemanfaatan teknologi terapan dalam segala aspek pembangunan daerah. STP sebagai media penumbuhan inovasi berbasis Iptek dapat berkolaborasi intensif dengan Dewan Riset Daerah dalam menemukan solusi-solusi inovatif untuk menjawab tantangan dan permasalahan pembangunan daerah. “Ini kami pandang penting karena tema besar dari perjalanan tahap ketiga RPJPD Sumbawa periode 2005—2025 ini adalah pada peningkatan nilai tambah produk unggulan daerah melalui difusi teknologi dan indutrialisasi,” kata Sekda saat memberikan sambutan pada peresmian STP Sumbawa oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi di Kawasan Sumbion Park, Batu Alang, Kecamatan Moyo Hulu, Kamis (2/3).

amdal
Peresmian STP Sumbawa oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) RI yang diwakili Sekjen Kemenristek Prof. Ainun Na’im, Ph.D, dan dan Dirjen Kelembagaan Iptek Dikti, Dr. Ir. Patdono Suwidnjo M.Eng., Sc.
Peresmian STP Sumbawa oleh Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) RI yang diwakili Sekjen Kemenristek Prof. Ainun Na’im, Ph.D, dan dan Dirjen Kelembagaan Iptek Dikti, Dr. Ir. Patdono Suwidnjo M.Eng., Sc.

Di masa mendatang, ungkap Sekda, STP tidak akan bekerja sendiri. STP akan memiliki pasangan serasi yang bernama SIKIM (Sentra Industri Kecil dan Menengah). Beberapa hari yang lalu Ia mengaku menerima surat dari Kementerian Perindustrian RI yang memastikan pengaloaksian anggaran pembangunan SIKIM tahap pertama melalui DAK Tahun 2018. SIKIM akan dibangun di kawasan kampus UTS dengan rumput laut sebagai komoditi inti yang akan menghasilkan ragam produk turunannya dan mendukung pengembangan produk unggulan daerah. SIKIM akan menyerap seluruh komoditas unggulan di Kabupaten Sumbawa bahkan dari luar. “Beberapa tahun kemudian, saat bapak Dirjen dan Sekjen datang lagi ke sini, bapak akan menyaksikan sebuah integrasi perkembangan Iptek dengan kawasan industry yang akan sibuk sekali,” kata Sekda.

Baca Juga  Hingga Mei, Stok Beras di Sumbawa dan KSB Cukup

STP lanjutnya, akan sibuk dengan pengembangan teknologi, inkubasi bisnis dan sertifikasi produk. Pada saat yang sama SIKIM akan sibuk menerapkan temuan dari STP untuk menghasilkan produk yang berdaya saing seperti Sumbawa Sea Weed, Sumbawa Beef, dan Sumbawa Corn di kancah nasional. “Insya Allah dengan kerja keras dan semangat gotong-royong kita semua, keyakinan atas harapan ini akan menjadi nyata,” demikian Sekda. (JEN/SR)

 

iklan bapenda