Kejaksaan Puji Sistem Pengelolaan Dana Desa di KSB

oleh -0 views
kajari Sumbawa, Paryono SH MH
bankntb

KERJASAMA SAMAWAREA DENGAN BAG. HUMAS DAN PROTOKOL SETDA SUMBAWA BARAT

SUMBAWA BARAT, SR (03/03/2017)

amdal

Kejaksaan Negeri Sumbawa menilai pengelolaan dana desa di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) sudah bagus. “Pengelolaan dana desanya bagus. Sebab selama ini belum ada satupun laporan yang masuk ke kami,” kata Kajari Sumbawa, Paryono SH MH kepada SAMAWAREA di Taliwang, Kamis (2/3) kemarin.

Dikatakan Kajari, pengelolaan dana desa di KSB tidak seperti di Sumbawa. Di Sumbawa, pihaknya banyak menerima laporan tentang dugaan penyimpangan penggunaan dana desa. Sebagian ditangani kejaksaan, sebagian lagi ditangani pihak kepolisian. Bagusnya pengelolaan dana desa di KSB ungkap Kajari, karena menggunakan system pengelolaan SIKEUDES yang bisa dikontrol langsung oleh pemerintah daerah. Ia menilai system ini sangat baik untuk diadopsi di Kabupaten Sumbawa sebagai bentuk pengawasan langsung guna mengantisipasi terjadinya penyelewenangan dana desa oleh kepala desa.

Meski di KSB tidak ada laporan penyimpangan dana desa, lanjut Kajari, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan Pemda setempat maupun pemerintah desa. Namun ketika ada laporan, kejaksaan berkewajiban untuk turun ke lapangan melakukan investigasi dan pemeriksaan dimanapun dan terhadap siapapun yang terlibat. (HEN/SR)

iklan bapenda
Baca Juga  Gelar Seminar UKM, Wagub Apresiasi ICSB NTB